Alasan Mengapa Usaha Franchise Lebih Menguntungkan

Berinvestasi pada sebuah bisnis merupakan salah satu dambaan banyak orang. Hanya saja, praktiknya tak semudah yang dibayangkan. Sebagian orang menghadapi bermacam halangan selagi hendak membangun sebuah bisnis baru, layaknya modal, ide/konsep bisnis, sumber daya, serta strategi untuk raih sukses.

Bagi mereka yang menginginkan mengawali berbisnis namun menghadapi banyak kendala, terutama rendahnya rasa percaya diri di dalam menjalankannya, bisnis waralaba atau franchise adalah salah satu solusinya.

Usaha waralaba atau yang lebih tenar bersama sebutan franchise sesungguhnya bukan model bisnis baru. Di th. 1935, seorang pengusaha asal Amerika Serikat, Howard Deering Johnson adalah pelopor bisnis bersama sistem franchising. Ia mengawali bisnis berikut bersama sebuah restoran bernama “HoJo”. Nah, jadi, apa itu franchise? Ikuti ulasannya di bawah ini.


Apa itu Franchise?
Secara sederhana, bisnis franchise adalah sebuah peluang bisnis bagi seseorang yang gunakan ide, brand, logo, sumber daya, dan sistem berasal dari seorang franchisor secara legal. Konsep bisnis ini disebut sistem franchise. Jadi, bila Anda membeli sebuah perusahaan franchise berasal dari seorang franchisor, Anda disebut seorang franchisee.

Selain berhak gunakan brand dagang dan sistem bisnis seorang pemilik franchise, seorang franchisee terhitung berhak menjual kembali produk franchise-nya. Setelah membeli sebuah franchise, Anda wajib mobilisasi bisnis sesuai perjanjian bersama franchisor. Sebagai imbalan, franchisor Anda bakal ikut pelihara sistem bisnis franchise tersebut.

Beberapa contoh bisnis franchise terkemuka ialah restoran hidangan cepat saji, layaknya Wendy’s, KFC, McDonald, serta Burger King. Itulah mengapa logo, manajemen, menu, resep, rencana restoran, hingga iklan serta sistem marketing sebuah restoran franchise serupa di bermacam outlet restoran berikut di seluruh pelosok negeri.

Keuntungan berasal dari Menjalankan Usaha Franchise

Model bisnis apa pun yang dijalankan, tentunya mempunyai kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Demikian pula bersama bisnis franchise. Namun, kali ini kita cuma bakal berfokus pada keuntungannya saja, layaknya berikut ini.

Brand yang Telah Dikenal Khalayak

Pada umumnya, mayoritas brand franchise adalah brand yang telah dikenal bersama baik oleh masyarakat. Merek dagang mereka biasanya telah mempunyai costumer setia serta pasar yang stabil. Oleh karena itu, para franchisee tidak wajib berpikir keras kembali untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat.

Belum lagi, liputan fasilitas cetak maupun elektronik yang luas terhitung mampu menolong sistem pemasaran bisnis waralaba di masyarakat.

Manajemen Bisnis yang telah Terbangun

Berbeda bersama bisnis sendiri, sistem waralaba atau franchise adalah sebuah sistem bisnis yang telah ditambah manajemen bisnis yang matang. Pada umumnya, para franchisor mengakses bisnis waralabanya bagi yang berminat untuk membeli franchise-nya gara-gara bisnis mereka telah mapan, mempunyai pasar yang stabil, serta reputasi yang baik. Otomatis, manajemen maupun strategi bisnisnya cuma tinggal dilanjutkan saja.

Risiko Bisnis Lebih Kecil

Franchise adalah model investasi yang relatif lebih aman dibandingkan bisnis baru karena mendapat perlindungan besar berasal dari perusahaan induk (franchisor) yang jauh lebih besar dan mapan. Strategi bisnisnya pun telah teruji selama bertahun-tahun agar efisien untuk raih sukses. Sebagian franchisor pun bahkan memberi tambahan pinjaman dana kepada para franchisee mereka.

Karena riwayat kesuksesan dan reputasi yang baik, mengajukan pinjaman untuk modal bisnis franchise ke bank lebih mudah dibandingkan untuk bisnis mandiri. Pihak bank menyadari bahwa keamanan berinvestasi pada bisnis franchise lumayan terjamin agar mereka tidak sangsi kembali memberi tambahan pinjaman pada para franchisee.

Menjadi Bos bagi Bisnis Sendiri

Usaha franchise adalah bisnis yang berperan sebagai bos bagi bisnis Anda sendiri. Dengan bisnis ini, Anda mampu pilih jadwal kerja yang lebih fleksibel dan mempunyai otonomi yang lebih luas di dalam karier. Anda bahkan mampu pilih untuk bekerja berasal dari tempat tinggal saja gara-gara beberapa perusahaan franchise terhitung sedia kan pegawai untuk para franchisee-nya.

Peluang Sukses yang Lebih Besar

Biasanya, bisnis waralaba berpeluang sukses lebih besar dan cepat karena reputasi yang baik pada liputan fasilitas dan pasar sekaligus costumer setia. Dana modal yang wajib dikeluarkan pun telah terukur karena kematangan manajemen serta strategi pemasaran bisnis ini.


Nah, setelah menyadari apa itu franchise dan keuntungan yang mampu diraih bersama berinvestasi pada bisnis tersebut, kini pastikan apakah bisnis ini sesuai untuk Anda dan/atau seperti brand franchise RedDoorz mana yang sesuai bersama kebutuhan. Jangan lupa, melaksanakan riset sebelum saat memutuskan. Semoga sukses!

Leave a Reply