Apa itu Haki dan Jenis Haki di One Piece Paling Lengkap!

 Pertarungan yang disuguhkan semakin epic dan seru! Pertarungan dalam One Piece menjadi begitu menarik karena kekuatan kekuatan yang disuguhkan sangat unik dan beragam.

Kekuatan buah iblis adalah kekuatan yang paling umum di One Piece. Pengguna buah iblis ini akan mendapatkan kekuatan yang unik sesuai dengan buah iblis yang dimakan. Kekuatan buah iblis ini dapat digunakan di pertarungan atau hal hal lain, bahkan penggunanya akan menjadi sangat kuat yang bahkan Berlipat-lipat kekuatan manusia biasa.

Nonton anime nya disini ” kumpulan genre anime sub indo lengkap


Beberapa buah iblis berjenis logia bahkan tidak dapat terluka walau ditembak atau di tebas dengan pedang karena sifatnya yang tidak memiliki tubuh fisik. Namun apakah pengguna buah iblis ini sangat dominan karena kekuatannya? Ternyata tidak. Salah satu kekuatan lain yang diperkenalkan di One Piece adalah HAKI. Mungkin teman-teman penasaran apa itu haki?

APA ITU HAKI?
Secara singkat, definisi haki adalah kekuatan dari tenaga dalam yang dimiliki oleh seseorang. Sebenarnya setiap makhluk hidup dalam dunia One Piece memiliki haki namun untuk dapat memiliki kekuatan ini, seseorang membutuhkan latihan khusus yang tidak mudah sehingga tidak semua orang dapat mahir menggunakannya. Kru bajak laut topi jerami pun masih 3 saja yang diketahui dapat menggunakan Haki yaitu Luffy, Zorro, dan Sanji.
Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan mengenai apa itu haki dari penjelasan Oda Sensei melalui Silvers Rayleigh pada permulaan latihannya dengan Luffy.


“Haki adalah kekuatan yang terpendam dalam diri setiap manusia, “naluri”, “semangat juang”, dan “kekuatan untuk memaksa”. Itu semua adalah sensasi yang sudah pasti manusia miliki. Tapi, hampir sebagian besar manusia tidak menyadari kekuatan itu. Atau mungkin mereka menghabiskan hidupnya untuk menarik keluar kekuatan itu, tapi tetap tak bisa. Secara garis besar, Haki terbagi menjadi dua jenis (Kenbunshoku dan Busoshoku).”



Dari penjelasan tersebut kita dapat tau bahwa tidak semua orang dapat memiliki haki. Hanya orang-orang yang berlatih dengan keras dan berbakat yang dapat mendapatkan kekuatan tersebut.
Pertama kali haki diperlihatkan di serial One Piece adalah pada awal cerita Shanks menyelamatkan Luffy dari monster laut. Pada scene tersebut Shanks membuat monster laut ketakutan hanya dengan melihatnya. Hal tersebut yang sekarang kita kenal sebagai jenis haki penguasa

Scene selanjutnya adalah ketika di arch Skypea, Enel mampu membaca gerakan luffy dengan mudah. Hal ini dikenal sebagai mantra di Skypea sehingga membuat Enel sangat tidak terkalahkan. Namun sekarang hal ini kita kenal dengan jenis Haki Pengamatan.

JENIS HAKI !
Haki ini memiliki beberapa jenis dan tingkatan dimana setiap jenis-jenis haki memiliki kemampuan dan fungsinya tersendiri. Jenis haki ini terbagi kedalam tiga jenis haki atau warna haki yaitu :- Haki Kenbunshoku, Jenis Haki naluri, dimana penggunanya mendapatkan kekuatan pengamatan seperti penglihatan, dan sensor- Haki Busoshoku, Jenis Haki Naluri dimana penggunanya dapat membuat pertahanan menggunakan haki yang melapisi bagian tubuhnya. Jenis Haki ini juga dapat digunakan sebagai penyerangan
– Haki Haoshoku, jenis Haki Penguasa, hanya satu dari jutaan yang dapat menggunakan jenis ini dan memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengintimidasi orang lain.

Berikut Jenis Haki ini akan dibahas lebih lanjut :

1Haki Kenbunshoku

Haki ini merupakan jenis haki yang memberikan penggunanya peningkatan kemampuan dalam merasakan sesuatu. Hal ini menunjukan bahwa jenis haki ini akan meningkatkan kemampuan indera dari penggunanya. Haki ini pertama diperlihatkan di arch Skypea yang digunakan oleh Enel.
Beberapa fungsi dan aplikasi dari jenis Haki ini yang pernah dipelihatkan adalah sebagai berikut. Jenis ini juga menunjukan kemampuan haki :


1. Dapat merasakan keberadaan Lawan
Dengan haki ini, penggunanya dapat tau dimana lokasi lawan, dari mana arah serangan lawan sehingga pengguna haki ini memiliki respon yang sangat cepat. Orang yang memiliki kemampuan bersembunyi atau mengendap-endap pun tidak berkutik dari pengguna jenis Haki ini karena keberadaan mereka akan tetap dideteksi.

2. Memprediksi Serangan Lawan

Dengan Haki pengamatan ini, serangan dari lawan akan terdeteksi baik itu arah dan kekuatannya. Hal ini membuat pengguna haki mengetahui respon yang harus dilakukan selanjutnya. Hal ini ditunjukan pertama pada Enel yang mampu menghindari berbagai serangan ataupun pada saat Luffy dan Zorro menghindari tembakan para Marine di Dressosa. Serangan orang biasa yang menggunakan pistol bahkan akan tidak berguna dihadapan pengguna jenis Haki ini



3. Membuat Serangan Jitu dan Tepat Sasaran

Dengan menggunakan jenis Haki ini, penggunanya dapat merasakan aura dari lawan. Hal ini berdampak pada serangan yang akan selalu tepat sasaran karena tau percis letak musuh. Hal ini ditunjukan oleh ussop yang mampu membidik dengan tepat dari jarak yang sangat jauh dengan bantuan jenis Haki ini. Pokoknya musuh akan susah kabur dari pengguna jenis Haki ini


4. Memprediksi Masa Depan

Selain melihat aura lawan, pengguna dari jenis Haki ini apabila terus berlatih hingga ke level yang lebih tinggi, maka akan dapat mencapai tingkatan haki super yang dapat melihat masa depan. Kemampuan ini diperlihatkan oleh katakuri di arch whole cake. Ia mampu memprediksi masa depan sehingga mau serangan sebanyak apapun tidak akan bisa mengenainya. Sampai saat ini dia adalah lawan terberat luffy. Menakutkan sekali!

Beberapa contoh Pengguna Haki Kenbunshoku :
– Silvers Rayleight- Enel- Aisa- Coby- Monkey D. Luffy- Sanji- Zoro- Edward Newgate- Ussop- Boa Sandersonia- Doflamingo- Law- Katakuri

2Haki Busoshoku

Jenis Haki Busoshoku ini adalah jenis haki yang membuat semangat penggunanya menjadi perisai bagi tubuhnya. Dengan haki jenis ini, penggunanya dapat memiliki tubuh yang lebih keras. Haki ini dapat diaplikasikan menjadi alat pertahanan atau penyerangan. Penggunanya dapat langsung meningkatkan pertahanan dan penyerangannya karena serangan dengan disertai haki ini kekuatannya akan berlipat. Haki ini pada awalnya tidak terlihat atau tidak dapat dilihat tanda-tandanya. Namun mulai dari awal chapter baru, Haki jenis ini digambarkan dengan Kulit atau permukaan yang merubah menjadi hitam pekat karena diselubungi Haki.
Beberapa kekuatan dari Haki jenis ini antara lain adalah :


1. Pertahanan yang Kuat

Dengan menggunakan jenis haki ini, penggunanya mampu membuat tubuhnya mengeras. Hal ini sangat efisien karena dapat digunakan di sebagian tubuh manapun atau seluruh tubuh. Tingkat kekerasannya bergantung pada kemampuan pengguna, seperti saat Luffy beradu Haki Busoshoku, Luffy tetap merasa kesakitan karena haki Katakuri lebih kuat. Namun biasanya Haki ini bahkan mampu mengalahkan kerasnya pedang. ditunjukan saat Luffy mampu mematahkan pedang Rebeca hanya dengan Hakinya.

2. Penyerangan yang Kuat

Dengan melapisi jenis haki ini pada bagian tubuh yang menyerang pada lawan, dampak kerusakan nya akan meningkat berkali-kali lipat. Hal ini ditunjukan oleh Luffy dimana saat dulu ia menyerang menggunakan Gear 2 dan Gear 3 hanya menggunakan serangan biasa, sekarang ia selalu menggunakan Haki pada kedua tangannya sehingga daya hancur serangannya sangat jauh dibanding dulu.

3. Menyalurkan Pada Objek Lain

Haki ini spesial karena mampu di salurkan pada objek lainnya. Hal ini biasa digunakan oleh pengguna senjata seperti para pendekar pedang contohnya Zoro. Zoro melapisi pedangnya dengan Haki sehingga menjadi hitam pekat sehingga pedangnya dapat menebas apapun dan pedangnya memiliki daya tahan yang sangat tinggi dimana membuat pedangnya tidak pernah patah lagi. Contoh lainya adalah Vergo yang menyalurkan Hakinya pada sebilah bambu yang membuatnya memiliki daya serang yang lebih kuat dari pedang.

4. Dapat menyerang penggguna Buah Iblis Logia

Jenis haki ini juga merupakan kunci untuk melawan pengguna buah iblis logia. Pada awal cerita, pengguna buah logia hampir tidak dapat dikalahkan karena tubuhnya tidak dapat diserang baik menggunakan sabetan pedang atau tembakan peluru. Dulu hal yang dapat dilakukan adalah menyerangnya dengan batu laut. Namun sekarang dengan adanya Haki, pengguna buah logia dapat diserang dan mengalami luka seperti orang biasa. Hal ini pertama diperlihatkan saat Rayleigh melawan admiral Kizaru

5. Dapat menjadi gelombang kejut

Pada tingkatan yang lebih tinggi, pengguna jenis haki ini mampu melatih Haki Basoshoku nya ketingkat dimana ia mampu menembakan gelombang kejut seperti kame-kameha. Hal ini ditunjukan oleh Rayleigh yang mampu menembakan sebuah energi yang bahkan membuat gajah raksasa terlempar. Kemampuan ini juga dimiliki oleh Sengoku dimana ia mampu mengeluarkan jurus tapak Buddha yang memiliki daya hancur yang tidak kalah dari buah gura-gura. Selain itu pada 3 admiral mampu membuat perisai energi menggunakan jenis haki ini hingga dapat melindungi parkas marine dari serangan lawan.

Beberapa contoh Pengguna Haki Basoshoku :
– Monkey D. Luffy- Zoro- Silvers Rayleight- Donquixote Doflamingo- Sanji- Boa Hancock- Edward Newgate- Sabo- Monkey D. Garp- Pekoms- Marco- Tashigi- Vergo- Vista- Trafalgar Law- Shanks- Smoker- Sai- Jesus Burges- Kuzan- Chinjao
3Haki Haoshoku
Haki jenis ini merupakan jenis yang paling spesial diantara semua haki yang lain. Haki ini disebut juga sebagai haki raja dimana para penggunanya memang ditakdirkan untuk menjadi para penguasa. Kekuatan dari haki ini adalah dapat memberikan intimidasi pada lawan hingga lawan menjadi berada pada kondisi ketakutan atau bahkan tidak sadarkan diri. Haki ini tidak dapat diraih walaupun dengan latihan keras sekalipun karena haki ini adalah bawaan dari lahir. Dari jutaan orang, hanya ada beberapa orang yang dilahirkan untuk memiliki kekuatan jenis haki ini. 
Haki ini masih misterius dimana masih terdapat banyak kemungkinan kekuatan ini dapat dikembangkan. Karena seperti yang diketahui bahwa shanks, merupakan pengguna haki murni namun dapat mencapai posisi yonkou, dibanding semua lawannya yang merupakan pengguna buah iblis. Sehingga kita belum dapat mengetahui kekuatan Haki penakluk ini dapat menjadi sekuat apa jika digunakan seorang master seperti Shanks.
Beberapa kemampuan dan kekuatan haki ini antara lain adalah :

5. Dapat menjadi gelombang kejut

Pada tingkatan yang lebih tinggi, pengguna jenis haki ini mampu melatih Haki Basoshoku nya ketingkat dimana ia mampu menembakan gelombang kejut seperti kame-kameha. Hal ini ditunjukan oleh Rayleigh yang mampu menembakan sebuah energi yang bahkan membuat gajah raksasa terlempar.

Kemampuan ini juga dimiliki oleh Sengoku dimana ia mampu mengeluarkan jurus tapak Buddha yang memiliki daya hancur yang tidak kalah dari buah gura-gura. Selain itu pada 3 admiral mampu membuat perisai energi menggunakan jenis haki ini hingga dapat melindungi parkas marine dari serangan lawan.

Beberapa contoh Pengguna Haki Basoshoku :
– Monkey D. Luffy- Zoro- Silvers Rayleight- Donquixote Doflamingo- Sanji- Boa Hancock- Edward Newgate- Sabo- Monkey D. Garp- Pekoms- Marco- Tashigi- Vergo- Vista- Trafalgar Law- Shanks- Smoker- Sai- Jesus Burges- Kuzan- Chinjao
3Haki HaoshokuHaki jenis ini merupakan jenis yang paling spesial diantara semua haki yang lain. Haki ini disebut juga sebagai haki raja dimana para penggunanya memang ditakdirkan untuk menjadi para penguasa. Kekuatan dari haki ini adalah dapat memberikan intimidasi pada lawan hingga lawan menjadi berada pada kondisi ketakutan atau bahkan tidak sadarkan diri. Haki ini tidak dapat diraih walaupun dengan latihan keras sekalipun karena haki ini adalah bawaan dari lahir. Dari jutaan orang, hanya ada beberapa orang yang dilahirkan untuk memiliki kekuatan jenis haki ini. 
Haki ini masih misterius dimana masih terdapat banyak kemungkinan kekuatan ini dapat dikembangkan. Karena seperti yang diketahui bahwa shanks, merupakan pengguna haki murni namun dapat mencapai posisi yonkou, dibanding semua lawannya yang merupakan pengguna buah iblis. Sehingga kita belum dapat mengetahui kekuatan Haki penakluk ini dapat menjadi sekuat apa jika digunakan seorang master seperti Shanks.https://googleads.g.doubleclick.net/pagead/ads?npa=1&client=ca-pub-5950811809704625&output=html&h=280&adk=142412701&adf=3802569570&pi=t.aa~a.1870388471~i.75~rp.4&w=556&fwrn=4&fwrnh=100&lmt=1633879227&num_ads=1&rafmt=1&armr=3&sem=mc&pwprc=2652309926&psa=1&ad_type=text_image&format=556×280&url=https%3A%2F%2Fjendelacipta.blogspot.com%2F2019%2F02%2Fpenjelasan-apa-itu-haki-dan-jenis-haki.html&flash=0&host=ca-host-pub-1556223355139109&fwr=0&pra=3&rh=139&rw=556&rpe=1&resp_fmts=3&wgl=1&fa=27&adsid=ChEI8MLJiwYQ_vGa-fXplMXaARI9AH6YsLk2z1pmnuPKnkOaA_6mWacM6UbBgJJYOEZR2YzEqg2Y2VO_vVFgTk_xRhGqCStphjXN7SP-w6XpJQ&uach=WyJXaW5kb3dzIiwiMTAuMC4wIiwieDg2IiwiIiwiOTUuMC40NjM4LjU0IixbXSxudWxsLG51bGwsIjY0Il0.&tt_state=W3siaXNzdWVyT3JpZ2luIjoiaHR0cHM6Ly9hdHRlc3RhdGlvbi5hbmRyb2lkLmNvbSIsInN0YXRlIjo3fV0.&dt=1634959407457&bpp=4&bdt=24036&idt=4&shv=r20211020&mjsv=m202110180101&ptt=9&saldr=aa&abxe=1&prev_fmts=160×600%2C0x0%2C556x280%2C556x139%2C556x280&nras=3&correlator=1922240974901&frm=20&pv=1&ga_vid=1630602328.1634959405&ga_sid=1634959405&ga_hid=813857413&ga_fc=0&u_tz=420&u_his=1&u_h=768&u_w=1366&u_ah=728&u_aw=1366&u_cd=24&adx=311&ady=9032&biw=1349&bih=625&scr_x=0&scr_y=6689&eid=31063218%2C31062525%2C21067496&oid=2&pvsid=1085162442204989&pem=554&ref=https%3A%2F%2Fjendelacipta.blogspot.com%2Fsearch%2Flabel%2FAnime%3Fupdated-max%3D2019-02-17T10%3A01%3A00%252B07%3A00%26max-results%3D8%26start%3D38%26by-date%3Dfalse&eae=0&fc=384&brdim=0%2C0%2C0%2C0%2C1366%2C0%2C1366%2C728%2C1366%2C625&vis=1&rsz=%7C%7Cs%7C&abl=NS&cms=1&fu=128&bc=31&ifi=7&uci=a!7&btvi=4&fsb=1&xpc=JZZE6Zf2o7&p=https%3A//jendelacipta.blogspot.com&dtd=M
Beberapa kemampuan dan kekuatan haki ini antara lain adalah :

1. Mengintimidasi Lawan

Dengan menggunakan haki jenis ini, penggunanya mampu memberikan intimidasi pada lawan sehingga membuat lawan ketakutan dan mengurungkan niatnya untuk bertarung. Hal ini seperti yang ditunjukan oleh Shanks saat awal mengusir moster laut atau saat Lufy membuat banteng ketakutan karena kekuatan Hakinya.

2. Membuat lawan pingsan

Ya! kemampuan ini merupakan kemampuan yang paling umum dan indentik dengan pengguna jenis haki ini dimana dengan mengeluarkan aura Haki raja ini, Lawan akan dibuat tak sadarkan diri. Pada level yang tinggi, pengguna haki ini dapat membuat pingsan banyak orang dalam jangkauan yang sangat luas seperti saat Luffy membuat KO 50.000 manusia ikan dalam sekali tatap. Namun level yang lebih tinggi lagi adalah menargetkan orang yang pingsan di suatu wilayah, dimana ditunjukan oleh Rayleigh dimana ia mampu membuat seisi ruangan pingsan dan mampu menyisakan kru bajak laut topi jerami saja yang masih sadar.

3. Memberikan kerusakan pada area di sekelilingnya

Mungkin beberapa ada yang belum tau, namun haki ini bahkan mampu membuat kerusakan pada lingkungan di sekitarnya. Hal ini ditunjukan saat Shanks pergi bernegosiasi dengan Whitebeard di dalam Mobidick. Saat Shanks berjalan selain membuat kru bajak laut Shirohige pingsan, ia mampu merusak beberapa bagian kapal. Namun yang paling jelas adalah saat pertarungan Luffy vs Katakuri dimana saat mereka beradu Haki Raja, mereka sampai menghancurkan area disekitar mereka.
Beberapa contoh Pengguna Haki Haoshoku :
– Monkey D. Luffy- Shanks- Portgas D. Ace- Boa Hancock- Donquixote Doflamingo – Edward Newgate- Silvers Rayleight- Chinjao- Katakuri- Big Mom- Kaidou- Eustass Kid

Leave a Reply