Artikel SEO Friendly Vs Biasa, Bagaimana Perbedaannya

Artikel SEO friendly vs biasa mungkin menjadi pertanyaan bagi orang awam yang belum memahami perihal dunia penulisan artikel. Namun, bagi yang sudah terbiasa dengan penulisan artikel, pastilah sudah sangat paham dengan dua jenis artikel ini.

Sejaktinya artikel jenis apapun sebenarnya sama. Tapi jika kita bicara mengenai artikel SEO friendly dan biasa, pastilah ada pembedanya. Memang, secara menjadi pembaca terkadang tidak menyadari perihal jenis artikel apa yang sedang dibaca, karena keduanya memang mirip. Tapi ada loh perbedaannya.

Mengupas Perbedaan Jenis Artikel SEO friendly Vs Biasa

Intinya sih memang sama jenisnya, sama-sama artikel yang memuat untuk dibaca. Tapi, penting juga untuk kalian mengetahui apa sih sebenernya perbedaan dari artikel SEO biasa, diantaranya :

1. Bahasa penulisan

Hal yang paling mencolok jika kita membaca artikel yang berbasis SEO dan yang biasa adalah bahasa penulisannya yang penulis sampaikan. Bahasa artikel yang santai dan terlihat enteng, biasanya adalah artikel yang tujuannya untuk menjadi artikel SEO friendly. Namun sebaliknya, jika bahasa penulisannya yang kaki dan sangat berpacuan pada PUEBI, biasanya adalah artikel biasa.

2. Kategori topik yang berbeda

Artikel tidak lepasnya dari topik. Jika dilihat secara garis besar, artikel SEO friendly vs biasa dapat dilihat dari topiknya. Jika yang SEO, topiknya lebih kepada pembicaraan umum yang biasa dicari oleh orang awam dalam kehidupannya. Berbeda dengan yang biasa, topiknya justru tentang suatu kajian teori, makalah, jurnal, atau hal yang sifatnya jauh lebih spesifik.

3. Wadah publikasi

Perihal tempat publikasinya, artikel SEO friendly biasa dapat ditemui di blog seseorang, atau di website pada umumnya. Namun, kalau untuk artikel biasa, media publikasinya yaitu di koran, jurnal, jurnal online, atau media lainnya yang sifatnya lebih spesifik.

4. Kerangka Tulisan

Dari kerangka tulisannya pun dapat dilihat. Kalau yang artikel biasa, kerangkanya seperti pada kerangka seperti makalah, yaitu, pengantar, isi, juga penutup. Namun untuk yang berbasis SEO, kerangka yang dimiliki berdasarkan apa yang menjadi acuan atau panduan Artikel SEO friendly Vs Biasa.

Cara Rewrite Berita

Jika kamu seorang penulis yang ingin menuliskan ulang atau melakukan rewrite dari naskah berita, maka jangan sekali-kali menulis utuh berita tersebut. Kenapa? Dikarenakan kamu akan disebut telah melakukan plagiarisme, dan mesin Google pun dapat mendeteksi bahwa tulisanmu hasil saduran secara penuh.

Dalam melakuan rewrite berita, sebaiknya jangan mengambil dari satu sumber yang ada di internet. Kamu dapat menyiasatinya dengan mengambil dari beberapa sumber yang ada di halaman mesin pencarian, kemudian kamu baca dan kamu teliti dengan saksama poin yang dapat diambil.

Setelah mengetahui poin apa saja yang dapat diambil dari banyak sumber tersebut, maka kamu dapat menuliskan kembali intisari dari berita tersebut. Pastinya, kamu haruslah menggunakan bahasa kamu sendiri.

Ubahlah gaya bahasa penulisan beritanya dengan gaya bahasa penulisan yang biasa kamu gunakan. Gantilah sudut pandang dari awal penggunaan di pemberitaan tersebut.

Misalkan saja sebagai contoh rewrite berita, di awal berita dituliskan kalimat “Wanita dibunuh kekasihnya karena telah membohonginya.” Namun, kamu dapat mengubahnya menjadi, “Sungguh tega! Merasa dibohongi nyawa perempuan habis di tangan kekasih hatinya.”

Intinya sama saja, namun gaya dan sudut pandang yang ditonjolkan terasa berbeda.

Sama halnya dengan penulisan artikel SEO friendly vs biasa, memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan pengetahuan dan ilmu bagi pembacanya, namun dari topik dan bahasa penulisannya yang membuatnya berbeda. Tapi sama-sama bermanfaat untuk dibaca.

Untuk kamu yang belum memiliki website, kamu bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Cv. Exito Bali, yang telah diakui banyak orang menjadi Jasa Pembuatan Website Terbaik Terpercaya karena sudah berpengalaman lebih dari 8 Tahun di Bidang Online Marketing Agency.

Leave a Reply