Berita Nusantara Terkini Tentang Hardiknas

Berita Nusantara terkini berkaitan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2021. Berkitan dengan Hardiknas kali ini maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021. Di tahun ini Hardiknas jatuh pada hari Minggu dan masih di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti halnya di tahun lalu. Namun sekalipun di tengah pandemi tentunya semangat untuk memperingat Hardiknas tidaklah luntur. 

Jenis-jenis Berita

Hardiknas ini sendiri ditetapkan tanggal 2 Mei sebagai hari kelahiran dari tokoh Pendidikan nasional yaitu Ki Hajar Dewantara. Semboyan Ki Hajar Dewantara yang terkenal bahkan sampai dengan sekarang ini masih terus diingat dan sebisa mungkin turut diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia. 

Peringatan Hardiknas di Musim Pandemi Covid-19

Upacara Bendera Hardiknas 2021

Dalam surat edaran nomor 27664/MPK.a/TU/02.03.2021 disebutkan bahwa pelaksanaan upacara bendera di lingkungan kemendikbud akan dilakukan secara tatap muka dan secara terbatas. Upacara bendera ini juga akan disertai dengan adanya penerapan protokol kesehatan guna melakukan pencegahan corona di musim pandemi Covid-19 ini. Tampaknya pedoman yang sama juga dilakukan di instansi pusat dan daerah serta luar negeri. 

Nadiem mengatakan untuk instansi Pendidikan yang berada di daerah zona kuning dan hijau diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka dan terbatas serta minimalis. Sedangkan untuk wilayah zona oranye dan merah dihimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung yang ditampilkan di kanal Youtube Kemdikbud RI dan saluran TV edukasi dari tempat tinggal masing-masing. 

Program Hardiknas

Dengan tema besar Hardiknas tahun ini yang berbunyi “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” yang diangkat oleh Nadiem makarim selaku Mendikbud maka di dalam peringatan Hardiknas kali ini terdapat 4 program. Yang pertama yaitu penyelenggaraan USBN sebagai uji kompetensi siswa dilakukan dengan cara ujian tertulis dan penilaiannya lebih komprehensif. 

Program yang kedua adalah penghapusan UN di tahun 2021 dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Selanjutnya program yang ketiga adalah menyederhanakan atau memangkas sejumlah komponen dalam RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Program yang keempat atau terakhir dalam hal ini adalah peraturan PPDB zonasi yang diterapkan dengan tujuan untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah yang ada di negeri ini. 

Logo Hardiknas 2021

Sedangkan untuk logo khusus dalam peringatan Hardiknas di tahun ini berbentuk menyerupai 2 hati yang tersambung sehingga hampir menyerupai bentuk bintang. Di sekelilingnya kemudian terdapat 5 lingkaran. Logo hadir dengan gradasi 3 warna yaitu biru dan hijau serta kuning. Kemudian digambarkan pula 5 orang yang bergandengan tangan dan mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi. Logo ini akan hadir pula dalam setiap agenda offline serta unggahan media sosial yang umumnya berkaitan pula dengan peringatan hardiknas 2021. 

Berita Nusantara terkini mengenai Hardiknas 2021 yang jatuh pada hari Minggu dan memiliki tema untuk mewujudkan merdeka belajar ini sungguh menimbulkan semangat pendidikan di tengah pandemi. Bagaimanapun juga segala bentuk aktivitas atau kegiatan yang dilakukan untuk memeringati Hardiknas ini tetap dihimbau agar selalu disertai dengan adanya dorongan penerapan prokes. Hal ini berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi dan harus membuat setiap dari kita menjadi waspada. Namun semangat Hardiknas tak perlu surut sekalipun setiap kegiatan kini menjadi lebih terbatas.

Leave a Reply