Bumbu Empal Daging Goreng

Bumbu Empal Daging Goreng – Anda memiliki persediaan daging yang belum terpakai? Jenuh juga olahan daging sapi yang itu – itu aja? Nah, berasal dari pada anda bingung yuk coba ciptaan kuliner khas nusantara yang satu ini.

Yap, Bumbu Empal daging goreng empuk merupakan sajian yang bisa menggugah selera makan anda dikarenakan rasanya yang sedap, dan tentunya enak. Teksturnya yang empuk berpadu bersama dengan rasa manis, asam, gurih tentu deh bikin anda nggak abis hentinya melahap sajian yang satu ini.

Salah satu berasal dari sekian banyaknya kuliner tradisional ini, juga gampang banget dibuat lho. Tentunya empal daging cocok untuk disajikan sebagai menu kesukaan keluarga. Bumbu rampai yang terserap sampai ke lapisan daging menjanjikan sajian ini begitu sedap nantinya. Hmm, lebih-lebih jikalau dimakan bersama dengan nasi hangat dan juga sambal sebagai pendampingnya. Behh, rasanya Nikmat banget!

Nah, buat anda yang nggak sabar untuk mencoba bumbu Empal daging sapi, nggak usah kebingungan belinya dimana. Anda dapat membuatnya sendiri kok, tak hanya bahan-bahannya yang gampang didapat, masaknya juga mudah. Bahkan ketika di masa Lebaran nih, empal juga menjadi suatu alternatif untuk olahan kuliner dihari yang fitri ini.

Eeetz, sebelum beli-beli bahan, alangkah baiknya pastikan dulu mutu daging yang dipakai bagus ya. Nih tersedia lebih dari satu tips sebelum memilih daging sapi yang berkualitas. yuk kami simak!!

Tips Memilih Daging Sapi Bermutu:

1. Pertimbangkan area daging sapi dijual

Hal mutlak pertama sudah pasti ialah memperhitungkan dimana area daging itu dijual atau ditempatkan. Sebelum membeli, pastikan area kamu membeli daging sapi itu tidak kumuh dan tidak berbau menyengat.  Lalu, ada baiknya pilih daging sapi yang juga diletakkan di area yang bersih dan bersuhu dingin. Usahakan jangan membeli daging sapi yang telah dihinggapi lalat atau diletakkan di area yang kumuh.

2. Perhatikan warna daging sebelum akan membeli

Berikutnya, langkah pilih daging sapi yang baik yakni melihat dari warnanya. Lihat terlebih dahulu warna daging sebelum akan membeli. Kualitas Daging sapi yang baik adalah daging yang tetap mempunyai warna kemerahan dan tampak fresh. langkah ini bisa dibilang adalah langkah paling gampang untuk memastikan mutu daging. Sebaliknya, jangan pilih daging sapi yang warnanya telah tampak merah pucat atau kotor.

3. Pegang tekstur daging sapi

Sesudah melihat warnanya, kamu juga wajib memastikan mutu daging sapi dengan langkah menyentuh daging tersebut. Cara ini bertujuan untuk menilai tekstur daging sapi. Pilihlah daging sapi yang mempunyai tekstur kenyal. Cobalah tekan-tekan di setiap bagian dari daging yang akan kamu beli, kalau daging kembali ke posisi semula setelah ditekan maka bermakna daging itu kemungkinan baru dan segar. Masalahnya, daging yang lekas mengalami pembusukkan biasanya menjadi lembek dan tidak kembali ke bentuk awal selagi ditekan.

4. Cium aroma yang terlihat dari daging

Jika telah jelas warna dan tekstur daging sapi, tindakan untuk pilih daging sapi yang baik dikonsumsi pun tidak cukup sampai di situ. Kamu juga harus mencium aroma yang ditimbulkan dari daging untuk memastikan kualitasnya. Daging sapi yan punya mutu baik biasanya mempunyai bau yang segar khas daging sapi. Sedangkan daging yang telah lekas membusuk biasanya menyebabkan bau yang tidak enak atau tercium asam.

5. Pastikan daging tidak berair

Tahap selanjutnya, kamu juga wajib memastikan daging sapi terlihat segar dan tidak berair. Mungkin kamu kerap menjumpai cairan berwarna merah serupa darah di sekitar serat daging. Cairan itu sesungguhnya bukanlah darah melainkan “sari” yang terlihat dari daging. Sebab itu, kalau ingin membeli daging alangkah baiknya pilihlah yang tidak berair, dikarenakan jika daging sapi mengeluarkan banyak cairan bermakna daging tersebut Sudah cukup lama di angin – anginkan.

6. Cek sertifikat Halal dari penjual daging

Cara pilih daging yang baik lainnya yakni dengan mengecek sertifikat Halal dari penjual atau pendistribusi daging sapi. Penjual atau Pendistribusi yang profesional tentu telah mempunyai sertifikasi asli yang dikeluarkan oleh MUI.

Sertifikasi Halal bukan sekadar menandakan daging yang dipotong sesuai syariat agama, melainkan juga memastikan bahwa daging tersebut dihasilkan dari hewan ternak yang sehat. Selain itu, hewan ternak yang dipotong dagingnya juga dipastikan memenuhi standar perawatan yang baik, terjaga asupan makanannya, hidup di tempat/kandang yang bersih, juga diperlakukan dengan layak sesuai dengan standar aturan yang berlaku.

7. Tanyakan tanggal atau waktu kedaluwarsanya

Yang terakhir, sebelum akan membeli daging sapi, kamu sebaiknya menanyakan juga waktu atau tanggal kedaluwarsa daging yang dijual atau kapan selagi pemotongan sapi dilakukan. Sebab, perihal ini berfungsi untuk mengkira-kira berapa lama kamu bisa menyimpan daging tersebut.

Untuk daging merah layaknya daging sapi biasanya bisa disimpan sepanjang tiga sampai empat hari di didalam kulkas. Sedangkan kalau disimpan di didalam freezer, daging bisa bertahan sampai 4 sampai 12 bulan, terkait dari mutu dan jenis daging itu sendiri.

Nah, telah pahamkan saat ini gimana langkah memastikan daging sapi kamu berkwalitas dan aman. Kalo udah, yuk langsung cari tau tentang resep kreasi masakan bumbu empal daging sapi goreng empuk. Simak resep-resep yang berikut!

Resep Bumbu Empal Daging Goreng

1.) Bumbu Empal Daging Goreng Gepuk

BAHAN-BAHAN:

  • 1 kg daging sapi
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1250 ml santan cair
  • 250 ml santan kental
  • 200 gr gula merah, sisir
  • 4 sdm air asam jawa
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

BUMBU HALUS:

  • 15 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 3 ruas lengkuas
  • 2 batang serai
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdt merica

CARA MEMBUAT BUMBU EMPAL DAGING SAPI GORENG EMPUK:

  1. Cuci terlebih dulu potongan daging sapi hingga bersih memakai air.
  2. Siapkan wajan, masukkan santan cair, daging, daun salam, serai, bumbu halus, gula merah, air asam, garam serta kaldu bubuk. Masak hingga mendidih kemudian kecilkan api.
  3. Setelah itu tunggu sampai daging separuh empuk, tambahkan santan kental. Kemudian masak lagi.
  4. Sehabis santan menguap, angkat daging kemudian tumbuk– tumbuk hingga seratnya nampak jelas.
  5. Sajikan minyak serta goreng sebentar saja. Kemudian angkat.
  6. Empal gepuk siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

2.) Bumbu Empal Daging Sambal Bawang

BAHAN-BAHAN:

  • 500 gr daging sapi bagian kisi
  • 1 bonggol bawang putih
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm air asam jawa
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 1 sdm ketumbar butiran
  • Garam & kaldu bubuk secukupnya

BAHAN SAMBAL BAWANG:

  • 2 siung bawang putih
  • 20 buah cabai rawit
  • Garam secukupnya
  • Minyak panas bekas menggoreng daging

CARA MEMBUAT BUMBU EMPAL DAGING SAPI GORENG EMPUK:

  1. Cuci terlebih dulu potongan daging sapi hingga bersih memakai air.
  2. Rebus daging sampai empuk kemudian potong sesuai selera. Kemudian tumbuk daging yang telah diiris.
  3. Setelah itu geprek bawang, kemudian goreng bersamaan dengan kulitnya sampai kering. Angkat serta sisihkan.
  4. Sehabis itu, ulek seluruh bumbu halus, tuangkan sedikit air, cicipi rasanya. Kemudian masukkan daging yang telah direbus tadi ke dalam bumbu.
  5. Goreng daging sesaat dengan sedikit minyak hingga warna kecokelatan, Angkat serta tiriskan.
  6. Haluskan bahan sambal bawang kemudian campuri minyak sisa menggoreng daging sedikit saja.
  7. Empal daging sapi goreng sambal bawang siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

3.) Bumbu Empal Daging Lengkuas

BAHAN-BAHAN:

  • 1 kg daging sapi
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk
  • 4 sdm minyak goreng
  • 1 keping gula jawa ukuran kecil
  • 1 liter air

BUMBU HALUS:

  • 10 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 sdm ketumbar butiran
  • 1/2 sdm merica butiran
  • 10 cm lengkuas muda
  • 1 ruas jempol jahe

CARA MEMBUAT BUMBU EMPAL DAGING SAPI GORENG EMPUK:

  1. Cuci terlebih dulu potongan daging sapi hingga bersih memakai air.
  2. Masukkan seluruh bumbu serta bahan terkecuali minyak goreng ke wajan, ungkep sampai air agak sedikit kering serta bumbu menyerap ke daging.
  3. Kemudian tuangkan minyak goreng, masak sampai air mengering.
  4. Cicipi rasa, yakinkan empuk serta gurih
  5. Empal daging sapi ungkep lengkuas siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

4.) Bumbu Empal daging Serundeng

BAHAN -BAHAN:

  • 300 gram sapi
  • 3 sdm kelapa parut
  • 250 ml santan
  • 1 liter air
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai geprek
  • 1 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 2 buah bunga lawang
  • 1 batang kayu manis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 sdt air asam jawa

BUMBU HALUS:

  • 2 sdt ketumbar
  • 10 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 2 butir kemiri disangrai

CARA MEMBUAT BUMBU EMPAL DAGING SAPI GORENG EMPUK:

  1. Cuci terlebih dulu potongan daging sapi hingga bersih memakai air.
  2. Rebus daging sapi dengan air lagi hingga empuk, kemudian angkat.
  3. Berikutnya angkat daging serta potong– potong kira– kira setebal 1/ 2 centimeter, geprek daging secara perlahan hingga agak pipih.
  4. Ambil kaldu dari rebusan daging tadi sebanyak kurang lebih 500 ml, kemudian sisihkan.
  5. Daging sapi yang sudah digeprek tadi direbus kembali.
  6. Setelah itu masukkan bumbu halus, merica, kaldu daging, serai, kayu manis, daun salam, gula, garam, bunga lawang serta santannya. Aduk menyeluruh sampai mendidih.
  7. Tuangkan air asam jawa, kemudian aduk lagi. Rebus hingga daging empuk serta bumbu menyerap sempurna, angkat serta tiriskan.
  8. Goreng dalam minyak panas sampai jadi kecokelatan. Angkat serta tiriskan. Taruh di piring saji.
  9. Campur bumbu yang tersisa dengan kelapa parut, aduk- aduk di atas api kecil sampai menyeluruh serta cairan menyusut. Angkat kemudian taburi di atas daging.
  10. Empal daging sapi serundeng siap disajikan.

5.) Bumbu Empal Daging Goreng Bacem

BAHAN -BAHAN::

  • 1 kg daging sapi gandik/kisi
  • Minyak goreng secukupnya

BUMBU UNGKEP:

  • 2 liter air
  • 150 gr gula merah
  • Seruas jari jahe
  • 100 gr lengkuas potong-potong
  • 2 batang serai geprek
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 7 siung bawang merah haluskan
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • 5 lembar daun salam
  • Sedikit asam jawa
  • Garam dan gula sesuai selera

BAHAN SAMBAL TERASI:

  • 1 buah tomat
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1 buah cabai merah
  • 1 sdt terasi
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Garam dan gula sesuai selera
  • Minyak goreng

CARA MEMBUAT BUMBU EMPAL DAGING SAPI GORENG EMPUK:

  1. Cuci terlebih dulu potongan daging sapi hingga bersih memakai air.
  2. Rebus daging bertepatan dengan bumbu ungkep pada api kecil hingga empuk serta air menurun.
  3. Sehabis matang serta menyerap, kemudian angkat serta biarkan dingin. Simpan di dalam kulkas minimun semalaman supaya bumbu lebih menyerap sampai ke dalam.
  4. Setelah itu goreng dalam minyak panas sebentar saja, sampai rupanya berganti jadi lebih hitam sedikit tidak hingga kering. Angkat serta sisihkan.
  5. Buat sambal, goreng cabai, bawang putih, bawang merah, serta tomat sampai layu.
  6. Kemudian ulek beserta terasi, garam, serta gula cocok kebutuhan.
  7. Empal daging sapi bacem siap disajikan dengan sambal terasi.

Nah, itu ia sekian banyak resep yang bisa kalian coba buat di rumah. Nyatanya Empal Daging Sapi dapat terbuat jadi bermacam kreasi masakan kan. Rasanya yang khas perpadu dengan tekstur empuk, tentu deh tidak bakalan bosen dengan sajian tadi. Tidak hanya itu saja, daging sapi memiliki banyak khasiat lho. Penasaran khasiatnya apa aja? nih infonya buat kalian!

Khasiat Daging Sapi Untuk Bagi Tubuh

1. Mengatasi Anemia

Masalah anemia adalah jumlah sel dalam sel darah merah berkurang, mengakibatkan penurunan kemampuan darah untuk membawa oksigen. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia, dan menyebabkan pasien merasa lelah dan lemah.

Daging sapi juga merupakan sumber zat besi, dan kandungannya cukup melimpah sehingga efektif meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Ini adalah bentuk penyerapan zat besi heme. Tubuh menyerap zat besi heme lebih efisien daripada zat besi non-heme, yang merupakan jenis zat besi yang ditemukan dalam makanan nabati.

2. Meningkatkan massa otot

Daging sapi dapat membantu meningkatkan massa otot. Hal ini dikarenakan produksi protein pada daging sapi cukup besar, sehingga daging sapi cocok untuk otot. Tubuh juga dapat menggunakan protein dan nutrisinya untuk meregenerasi dan memproduksi tulang, kulit dan tulang rawan, dan kemudian membantu membangun dan memperkuat massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, di antara semua makronutrien, protein dapat membuat perut Anda terasa kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan.

3. Meningkatkan kekebalan

Daging sapi mengandung carnosine yang efektif untuk tubuh, yaitu sekitar 50% lebih banyak dari unggas. Carnosine adalah asam amino yang ditemukan di seluruh tubuh dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan manusia. Carnosine juga anti-glikosilasi, yang meminimalkan risiko proses yang disebut glikosilasi, yang dapat menyebabkan aterosklerosis dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, carnosine juga berpotensi membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia dan mengurangi peradangan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daging sapi dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat berolahraga atau saat beraktivitas biasa. Hal ini karena daging sapi mengandung asam amino berupa carnosine, yang dapat digunakan untuk mendukung fungsi otot. Lonjakan kadar carnosine di otot ini akan memiliki efek positif pada tubuh, Misalnya membuat tubuh lebih kuat, karena carnosine dapat mengurangi rasa lelah, tetapi juga meningkatkan performa tubuh dalam beraktivitas, terutama saat berolahraga.

5. Menjaga berat badan

Daging sapi dapat membantu menjaga berat badan, meskipun mengandung kolesterol tinggi. Ini karena adanya asam linoleat terkonjugasi dan L-karnitin. Menurut sebuah studi ilmiah, mengonsumsi suplemen L-carnitine dapat membantu menurunkan berat badan, yang lebih penting daripada kelompok yang tidak mengonsumsi. Meskipun asam linoleat terkonjugasi dipercaya dapat membantu mengurangi lemak, perhatikan ukuran porsi dan metode pengolahan yang tepat.

6. Kaya akan mineral

Daging sapi kaya akan mineral, yang dapat membantu mencegah kekurangan mineral. Mineral itu sendiri sangat berguna untuk menghasilkan ratusan aktivitas enzim dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa manfaat kesehatan daging sapi bisa lebih unggul. Selain itu, kalsium dapat meningkatkan impuls saraf dan pembekuan darah, kalium dapat menjaga dan memaksimalkan membran sel tubuh, dan magnesium dapat melindungi tulang dan hati.

Jika Anda makan daging sapi dengan benar, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari daging sapi. Sangat disarankan untuk memasukkan daging sapi sebagai bagian dari rencana menu harian. Jadi jangan lewatkan konsumsi daging sapi ya!

Baca juga: resep empal daging sapi goreng empuk dan enak

Leave a Reply