Cara Membuat Kue Dari Terigu Dan Mentega Yang Sederhana

Hallo teman teman,sebelumnya kita sudah membahas artikel tentang bagaimana resep empek empek.Selanjutnya kita membahas cara membuat kue dari terigu dn mentega.

Kue

Tepung terigu juga merupakan tepung yang serba bisa digunakan. Tepung terigu juga sudah menjadi bahan utama untuk semua kue. Namun bukan juga berati kita jadi ceroboh dengan asal asalan untuk memilih tepung terigu.

Biasanya tepung terigu juga dijual dengan bebas di dalam pasaran merek yang berbeda. Apapun mereknya terigu juga anda yang memilih,pastikanlah terigunya sangat higienis agar kesehatan keluarga juga terjamin aman.

Beberapa tepung terigu juga sudah hadir dalam aneka variasi yang lainnya.Ini karena penggunanya berbeda dengan yang lainnya. Ada juga terigu yang khusus untuk membuat roti dan mie.

Apabila ada yang bisa sampai salah memilih terigu bisa juga dapat mengakibatlan terhadap tekstur dan rasa yang berbeda pada masakan maupun pembuatan kue.

Jenis Jenis Kue

1.Cotton Cake

Cotton Cake biasanya juga terkenal sebagai cheese cake karena pembuatannya menggunakan krim keju yang sebagai basis adonan kue. Meski berasal dari Negara Prancis,namun cotton cake ini justru sangat berkembang pesat di negara Jepang.

2.Chiffon Cake

Chiffon Cake juga memiliki tekstur yang sangat ringan dibandingkan dengan sponge cake. Komposisinya juga terdiri dari minyak sayur,telur,gula.tepung terigu,baking powder,dan perasa.

3.Sponge Cake

Sponge Cake ini juga lebih dikenal sebagai kue bolu dan merupakan jenis kue yang paling mudah untuk dikreasikan menjadi beragam variasi yang lainnya.

Disebut sebagai sponge karena memang teksturnya sangat ringan,di mana hal tersebut berasal dari adonan telur,tepung terigu,dan gula,terkadang juga ditambahkan dengan baking powder untuk menjadikannya kue mengembang.

4.Butter Cake

Butter Cake biasanya juga terbuat dari bahan yang berdasar yaitu mentega dan sajian klasik khas Amerika Serikat. Namun jika ditilik dengan sejarahnya,kue cake ini dibuat dengan campuran tepung terigu,gula,dan telur.

5.Mousse Cake

Mousse Cake juga merupakan cake yang super sangat lembut yang memiliki gelembung udara sebagai pembentuk tekstur yang sangat ringan dan moist saat untuk disantap.

Biasanya juga disajikan dengan sebagai hidangan penutup makanan. Mouse kerap diracik dengan kuningan telur yang sangat banyak untuk memadatkan bahan baku yang paling utama.

Metode Dasar Pembuatan Cake

1.Sugar Batter Method/Creaming Method

Sugar Batter Method/Creaming Method juga merupakan metode pembuatan kue dengan cara mengocok lemak dengan gula terlebih dahulu. Cara ini juga biasanya menggunakan untuk membuat cake.

2.Flour Batter Method

Metodeflour batter juga bisa memungkinkan orang untuk membuat kue berkualitas yang sangat baik dari resep yang murah/ekonomis. Cara ini juga sangat mampu untuk mengurangi resiko adonan pecah karna sejak awal.

Sebagian tepung juga sudah tercampur dengan lemak. Langkah awalnya adalah mencapurkan sebagian tepung dan lemak(margarin atau mentega) dengan mikser yang sangat lembut.

Cara Membuat Kue Dari Terigu Dan Mentega Yang Sederhana

1.Resep Kue Dari Terigu Dan Mentega(Kue Cubit)

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung terigu yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • Gula pasir 200 gram
  • Santan 200 ml
  • 75 ml minyak goreng
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 tetes pewarna hijau
  • 8 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya)
  • 1/2 sendok teh garam
  • Sendok teh cream of tartar 1/4 sendok
  • Vanili bubuk 1/2 sdt
  • 1 sendok teh pasta pandan

Cara Membuat Kue Dari Terigu Dan Mentega(Kue Cubit):

  1. Rebuslah terlebih dahulu santan dan pandan sambil di aduk-aduklah hingga sampai mendidih dengan api yang kecil,lalu sisihkanlah.
  2. Campurkanlah sedikit kuning telur,minyak,dan santan.Tambahkanlah dengan terigu,baking powder,dan vanilli.Aduk-aduklah hingga sampai merata.
  3. Tambahkanlah dengan pasta pandan dan aduk-aduklah hingga sampai merata.
  4. Kemudian tambahkanlah sedikit cream of tartar.
  5. Maukkanlah gula pasir sedikit demi sedikit,kocoklah perlahan-lahan hingga sampai lembut sampai 10 menit.
  6. Campurkanlah dengan kocokan telur putihan dan campurkanlah telur kuningan hingga sampai merata.
  7. Masukkanlah adonan kue ke dalam loyang.
  8. Lalu pangganglah kue dengan suhu yang 160-180 derajat celsius selama 60 menit.

Dengan demikianlah artikel yang membahas cara membuat kue dari terigu dan mentega.Minggu lalu sudah membahas artikel cara membuat nugget ikan lele.Jika ada kata kurang jelas saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply