Cara Membuat Peyek Rebon

Di artikel kali ini saya akan share cara membuat peyek rebon. Rebon sendiri merupakan salah satu jenis udang yang sering untuk dikonsumsi. Rasa dari peyek rebon ini juga khas dan memiliki rasa udang yang ringan.

Jadi Bagaimanakah Ciri Ciri dari Udang Rebon

Udang rebon memiliki nama ilmiah Acetes Indicus, namun ada juga yang bernama Acetes japonicus. Di dunia internasional, udang kecil ini dikenal dengan terasi. Hewan yang hidup di perairan Asia Tenggara ini sering diolah menjadi berbagai makanan, seperti:

Ini karena rasanya yang enak, gurih, dan bentuknya sangat kecil. Selain ukurannya yang kecil, ada ciri lain dari udang rebon. Bagaimana tentang lebih lanjut? Langsung saja kita simak penjelasan dari ciri ciri udang rebon dibawah ini.

1.Bentuk dan Ukuran

Ciri yang pertama adalah tampilan fisiknya seperti udang pada umumnya. Namun, hewan zooplankton ini memiliki tubuh yang sangat kecil. Panjangnya sekitar 1 hingga 1,5 cm dan terdiri dari kelompok krustasea, yaitu larva Paraedae dan Mysidocea acetes. Dapat ditemukan di sekitar muara. Meskipun sering mirip dengan ebi. Mereka datang dalam berbagai ukuran, yaitu ebi, yang lebih besar dari terasi.

Bentuk rebon menyerupai udang kecil segar. Namun, dalam bentuk kering dan berwarna kuning kecoklatan. Sangat cocok untuk kue, rempeyek atau sayuran goreng. Ini juga merupakan hewan air yang tidak memiliki tulang belakang. Dan seluruh tubuhnya ditutupi kerangka luar.

2.Warna Udang Rebon

Berikutnya adalah warna udang rebon. Kakinya merah. Kulitnya putih transparan. ia juga memiliki ciri khas pada tubuhnya, yaitu garis-garis merah kecoklatan pada ruas-ruas tubuhnya. Inilah yang membedakannya dengan jenis udang lainnya.

Tidak hanya itu, ada lingkaran hitam ungu di tubuhnya juga, setiap segmen di tubuhnya memiliki 2 lingkaran. Ban ini membuatnya menjadi sesuatu yang istimewa. Jika udang masih hidup, warnanya terlihat jelas.

3. Cita Rasa

Hewan yang kaya akan manfaat tersebut bila dikonsumsi memiliki rasa atau tekstur yang khas karena berbeda dengan udang lainnya. Jika udang lain hanya makan dagingnya, maka udang tersebut bisa dimakan dengan kulitnya. Itu karena tubuhnya yang kecil. Jadi tidak mungkin mengupas kulitnya karena struktur kulitnya sangat renyah dan kepalanya juga bisa terbuang saat dikupas.

Tidak hanya itu, jika ingin mengolah terasi juga bisa langsung di tap tanpa khawatir tidak mulus. Karena dia tidak punya tulang. Selain itu, khasiat Udang Rebon juga memiliki aroma yang sangat harum.

Cara Membuat Peyek Rebon

cara membuat peyek rebon

Setelah mengetahui ciri ciri udang rebon diatas, sekarang kita masuk ke cara membuat peyek rebon. Selain bisa dibuat sambal terasi, udang rebon juga bisa dibuat rempeyek loh. Berikut ini cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 350 ml santan dari setengah butir kelapa
  • 175 gram tepung beras
  • 50 gram udang rebon, cuci bersih dan tiriskan
  • 8 lembar daun jeruk buang tulang iris tipis
  • 1 buah kuning telur

Bahan bumbu halus:

  • 3 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh garam
  • 2 cm kencur
  • 1/2 sendok teh ketumbar

Cara Membuat Peyek Rebon Daun Jeruk

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan supaya mudah dalam membuatnya.
  2. Campur tepung beras, bumbu halus dan santan hingga rata. Tambahkan kuning telur dan daun jeruk. Campur dengan baik.
  3. Ambil sesendok adonan sayur. Tambahkan rebon. Tuang ke dalam sisi wajan berisi minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang.
  4. Bilas rempeyek sampai terlepas dari tepi wajan. Goreng hingga matang dan kering.
  5. Jika sudah matang tiriskan peyek sampai minyaknya turun, jika dalam jumlah banyak bisa dengan bantuan mesin peniris minyak supaya minyak cepat turun dan peyek siap untuk disimpan ataupun dimakan.

Untuk kebutuhan mesin usaha anda: Rumah Mesin

Penutup

Sekian artikel dari saya tentang cara membuat peyek rebon, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan pembaca mengetahui sedikit karakteristik dari udang rebon itu sendiri. Untuk resep cara membuat peyeknya bisa banget buat kalian coba dirumah dan tambahkan pada makanan atau camilam, pasti enak.

Jadi saya cukupkan disini dan sampai jumpa.

Leave a Reply