Cara Membuat Roti Singkong Goreng Murah Rasa Mewah

Cara membuat roti singkong goreng ini adalah topik kita pada kali ini sebelum masuk ke inti pembahasan saya akan membahas pengertian singkong dan sejarah singkatnya.

Sejarah Singkat Singkong

Singkong, juga disebut singkong atau singkong, dalam bahasa Inggris disebut singkong, adalah pohon abadi tropis dan subtropis dari keluarga Euphorbiaceae.

Singkong dikenal luas sebagai makanan pokok untuk produksi karbohidrat, dan daunnya adalah sayuran. Ubi kayu merupakan umbi panjang atau akar pohon dengan diameter rata-rata 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung jenis ubi kayu yang ditanam.

Daging umbinya berwarna putih atau kekuningan. Umbi singkong tidak tahan penyimpanan, meskipun diletakkan di lemari es. Gejala kerusakan ditandai dengan warna biru tua akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Singkong merupakan sumber energi yang kaya akan karbohidrat tetapi sangat rendah protein. Sumber protein yang baik terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Manihot esculenta manioc jenis ini pertama kali dikenal di Amerika Selatan dan kemudian berkembang pada zaman prasejarah di Brazil dan Paraguay. Bentuk modern dari spesies budidaya ditemukan di alam liar di selatan Brasil. Meskipun banyak spesies Manihot liar, semua jenis M. esculenta dapat dibudidayakan.

Asal Usul Singkong 2 Produksi ubi kayu dunia diperkirakan 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksi diproduksi di Afrika, 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Karibia.

Singkong dibudidayakan secara komersial di wilayah Indonesia (dulu Hindia Belanda) sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan ke Nusantara oleh Portugis pada abad ke-16 dari Brasil. Singkong (manihot esculenta crant) merupakan salah satu makanan terpenting tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Di Indonesia, ubi kayu merupakan makanan pokok ketiga setelah padi-padian dan jagung. Dari segi konsumsi penduduk dunia, khususnya penduduk negara tropis, sekitar 300 juta ton singkong diproduksi setiap tahunnya.

Cara Membuat Roti Singkong Goreng

Cara Membuat Roti Singkong Goreng

Bahan – bahan Cara Membuat Roti Singkong Goreng :

  • 100 gr ubi kayu, kupas, kukus, haluskan
  • 300 gr tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 kantong fermipan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 125 ml air es
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh garam
  • secukupnya, tepung berbutir halus

Cara Membuat Roti Singkong Goreng :

  1. Ayak tepung dengan baking powder lalu tambahkan gula pasir, ragi dan susu
  2. Masukkan bubur singkong, aduk rata
  3. Tambahkan sedikit demi sedikit telur dan air es sambil diuleni hingga kalis,
  4. Tambahkan margarin dan garam, uleni hingga halus
  5. Biarkan adonan selama 20 menit dan tutup
  6. Tiriskan adonan, bagi adonan menjadi dua dan diamkan selama 10 menit lagi
  7. Kemudian bulatkan adonan dan isi dengan isian, diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang
  8. Gulingkan bola roti di atas remah roti yang halus
  9. Goreng roti dengan api kecil dengan api kecil
  10. Tunggu hingga roti dingin, lalu taburkan icing sugar di atas roti

Kalian juga bisa mencoba membuat olahan singkong yang lain seperti olahan daun singkong dijamin enak

Manfaat Singkong

Menenangkan dan Mencerahkan Kulit

Biasanya sekam singkong kurang dimanfaatkan karena lapisannya yang tebal dan kotor karena terlalu lama berada di dalam tanah.

Padahal kita bisa menggunakan kulit singkong sebagai bahan alami untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Caranya cukup dengan menghaluskan kulit singkong dan mengubahnya menjadi scrub.

Masker Wajah yang Kuat

Bukan hanya kulit yang bisa digunakan untuk kesehatan kulit. Daging singkong putih juga bagus untuk masker wajah.

Caranya adalah dengan menghaluskannya lalu mengaplikasikannya pada wajah seolah-olah Anda sedang memakai masker. Masker wajah alami ini efektif untuk membuat kulit bersinar.

Menghidrasi Kulit

Tidak hanya mampu melembutkan dan mencerahkan kulit. Dengan menggunakan masker wajah singkong, kita dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan tidak kehabisan air.

Untuk membuat masker wajah singkong, Anda bisa menambahkannya dengan madu atau minyak zaitun.

Menghilangkan Bekas Luka dan Noda

Jika kulit wajah kita rusak, kita bisa menghilangkannya secara rutin dengan masker singkong atau singkong pada area luka. Pemakaian secara rutin dua kali sehari dipercaya akan efektif menghilangkan luka atau noda pada kulit.

Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, manfaat singkong juga baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Dengan penggunaan singkong yang sudah dihaluskan baik dengan umbi maupun daunnya sebagai masker rambut sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Menjaga Rambut Rontok Terkendali

Karena kemampuan singkong untuk mempercepat pertumbuhan rambut, manfaat singkong sangat erat kaitannya. Menggunakan masker rambut berbahan singkong dapat mengatasi masalah rambut rontok dan memperkuat akar rambut.

Beri Dia Makan

Tak hanya itu, penggunaan masker rambut singkong juga baik untuk menutrisi rambut dan memperbaiki rambut rusak.

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Manfaat singkong selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan pencernaan.

Singkong kaya akan serat yang sulit larut, sehingga mampu menyerap lebih banyak racun dalam sistem pencernaan dan membuangnya saat buang air besar.

Baik Untuk Kesehatan Saraf

Singkong tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan syaraf tubuh.

Salah satunya dengan menggunakan tepung singkong yang dipercaya dapat mengatasi stres dan gangguan saraf.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Tanaman singkong juga diperkaya dengan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi tanaman singkong secara rutin dipercaya dapat mencegah gangguan penglihatan.

Menjaga Kesehatan Otot

Mengkonsumsi singkong secara rutin menjaga kesehatan otot kita. Singkong mengandung protein yang dapat membangun kekuatan otot dalam tubuh.

Sekian artikel pada kali ini jika kalian ingin mengolah singkong dengan cepat dan hasil maximal kalian bisa gunakan mesin keripik singkong multi fungsi .Terimakasih

Leave a Reply