Cara Membuat Roti Singkong Kukus Simple & Lezat

Cara membuat roti singkong kukus ini adalah topik yang akan kita bahasa pada kali ini sebelum masuk ke intinya saya akan menjelasakan apa itu singkong dan sejarah singkatnya.

Sejarah Singkat Singkong

Singkong atau disebut juga ubi kayu atau cassava dengan nama latin Manihot esculanta, crantz dalam bahasa Inggris disebut Cassava, merupakan tanaman tahunan tropis dan subtropis dari famili Euphorbiaceae.

Umbi banyak dikenal sebagai makanan pokok untuk produksi karbohidrat dan daunnya adalah sayuran. Ubi kayu merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan diameter rata-rata 3-5 cm dan panjang 30-80 cm, tergantung dari jenis ubi kayu yang ditanam.

Daging umbinya berwarna putih atau kekuningan. Umbi singkong tidak tahan lama, meski diletakkan di lemari es. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya cairan berwarna ungu akibat pembentukan asam sianida yang beracun bagi manusia.

Singkong merupakan sumber energi yang kaya akan karbohidrat tetapi sangat rendah protein. Sumber protein yang baik terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Pekerja yang mengolah singkong pada zaman Hindia Belanda, 1915.
Singkong (Manihot esculenta) pertama kali dikenal di Amerika Selatan sekitar 10 ribu tahun yang lalu dan tumbuh liar di hutan Brazil dan Paraguay pada masa prasejarah.

Namun keberadaan ubi kayu di Indonesia diperkenalkan oleh Portugis pada abad ke-16, yang dibawa dari Brazil pada tahun 1810 dan ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (watu yang dahulu merupakan Hindia Belanda).

Pada masa penjajahan politik singkong, menurut Haryono, pada abad ke-16 singkong masuk melalui Portugis ke Maluku-Indonesia. Sejak kedatangannya tanaman singkong ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyebar terutama di pulau jawa.

Sebagaimana dicatat oleh H.J van Swieten, seorang pengendali di Tenggralek, dalam De Zoete Cassave (Jatropha Janipha) terbitan tahun 1875, singkong kurang dikenal atau tidak ada di beberapa bagian Jawa, tetapi tumbuh secara massal di bagian lain. Bahkan hingga tahun 1875 konsumsi ubi kayu di pulau Jawa masih tergolong rendah.

Cara Membuat Roti Singkong Kukus

Cara Membuat Roti Singkong Kukus

Bahan – bahan Cara Membuat Roti Singkong Kukus :

  • 500 gr singkong parut, peras airnya
  • 3 telur
  • 100 gr gula pasir
  • 1,5 sdm tepung
  • 1 bungkus kara / 2 sachet SKM
  • 70 gr margarin
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanilla
  • 1/2 sendok makan SP
  • Pewarna makanan: kuning dan hijau

Cara Membuat Roti Singkong Kukus :

  1. Parut singkong, angkat airnya, sisihkan
  2. Campur telur, gula pasir, garam, vanili hingga berbusa
    Nyalakan SP, mixer dengan kecepatan tinggi, sampai putih mengental, tambahkan tepung
  3. Masukkan singkong parut, kara / SKM, mixer dengan kecepatan rendah
    Matikan mixer, tambahkan margarin leleh, aduk dengan spatula
  4. Bagi adonan menjadi 2, tambahkan pewarna kuning dan hijau
  5. Siapkan kukusan dengan api besar. Siapkan juga loyang yang dilapisi margarin, kertas roti, sebelum dituangi 1 bagian adonan. Kukus selama 15 menit
  6. Lalu limpahkan dengan separuh adonan. Kukus selama 30 menit

Kalian juga bisa mencoba olahan singkong yang lain seperti olahan daun singkong .

Manfaat Singkong

Membantu Menurunkan Berat Badan

Makan singkong sangat penting bagi orang yang telah mencoba menurunkan berat badan selama bertahun-tahun tanpa hasil. Kandungan serat yang tinggi pada singkong membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan.

Baik untuk Pencernaan

Singkong mengandung serat yang tidak larut dalam air. Ini membantu dalam penyerapan racun yang masuk ke usus sehingga baik untuk sistem pencernaan.

Pengobatan Sakit Kepala

Kebanyakan dari kita pernah mengalami sakit kepala dan seringkali sakit yang menyiksa. Coba obati dengan singkong. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merendam 60 gram umbi dan beberapa helai daun dalam air selama beberapa jam. Buat jus segar dengan blender dan minum dua kali sehari.

Mencegah Kanker

Inilah manfaat singkong yang paling menakjubkan. Singkong dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan vitamin B17 pada daunnya dapat membantu merangsang kandungan sel darah merah, yang bila kurang menyebabkan penyakit seperti kanker.

Pengobatan Diare

Untuk mengobati diare atau sakit perut, Anda bisa menggunakan daun singkong. Rebus 7 lembar daun singkong dengan 800 cc air, tunggu hingga tersisa hanya 400 cc, saring dan minum hasil seduhannya.

Baik untuk Mata

Singkong kaya akan vitamin A dan senyawa seperti betakaroten yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk di kemudian hari.

Meredakan Demam

Daun singkong efektif dalam meredakan demam. Untuk hasil terbaik, gunakan batang dan daunnya. Cukup gunakan 400 gram daun singkong dan 80 gram batang lalu rebus dalam satu liter air. Saat volume air sudah berkurang setengahnya, saring airnya, tunggu hingga hangat dan oleskan pada tubuh.

Rematik

Daun singkong yang sudah dihaluskan bisa dioleskan pada daerah yang terkena rematik. Singkong kaya akan magnesium, anda bisa memanfaatkan singkong sebagai obat alami rematik.

Untuk pengobatan luar, gunakan lima lembar daun singkong dan 15 gram jahe. Haluskan dalam blender hingga menyerupai pasta, gunakan sebagai salep pada area yang mengalami reumatik.

Untuk obat dalam bisa menggunakan 100 gram batang singkong, serai, garam dan 15 gram jahe. Rebus semua bahan dalam 1000 cc air. Tunggu hingga air hanya tersisa 400 cc, saring dan minum ramuan tersebut sehari sekali (200 cc per gelas).

Pengobatan Luka Luar

Singkong juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang terinfeksi. Hancurkan batang singkong dan oleskan pada area luka.

Anda juga bisa memarut batangnya, mengoleskannya ke luka dan menutupinya dengan perban. Untuk luka akibat benda panas, peras bekas luka dan aplikasikan ke area tersebut. Lakukan ini sampai luka mengering.

Daun singkong juga mengandung nutrisi yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Haluskan daun dan tambahkan gel lidah buaya, oleskan pada luka.

Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda kurang nafsu makan, daun singkong akan mengembalikan nafsu makan Anda. Buat ramuan daun singkong dan jahe, diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

Baik untuk Ibu Hamil

Wanita hamil membutuhkan banyak vitamin C dan asam folat, yang terdapat pada singkong. Daun singkong memiliki rasa yang netral, sehingga cocok untuk membuat sayuran atau sup. Secangkir sup daun singkong mengandung 15 persen kebutuhan folat harian Anda dan 47 persen kebutuhan kalsium harian Anda.

Pemeliharaan Sistem Imun (imunitas)

Folat dan Vitamin C, keduanya terdapat pada daun singkong yang dikenal sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyerang inti virus dan bakteri, menjaga kesehatan tulang, menjaga antioksidan yang baik, dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas diketahui memiliki hubungan erat dengan kanker. Folat membantu produksi sel dalam tubuh kita, sehingga sangat membantu dalam mencegah mutasi DNA.

Meningkatkan Fungsi Otak

Otak Anda akan bekerja lebih efisien jika Anda menambahkan tepung singkong ke dalam makanan Anda. Setiap porsi mengandung 80% karbohidrat, lebih dari cukup untuk konsumsi harian Anda.

Baik untuk Saraf

Beberapa ahli percaya bahwa tepung singkong sangat penting untuk sistem saraf agar tetap seimbang. Tidak hanya melawan stres dan kecemasan, tetapi juga mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.

Memperkuat Otot

Singkong mengandung protein yang dapat menjaga kesehatan dan menjaga jaringan otot. Tepung singkong membantu Anda membangun otot yang kuat dan ramping. Satu porsi mengandung 2 gram protein, cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Sekian artikel kali jika kalian ingin mengolah singkong sebaiknya gunakan mesin keripik singkong multifungsi dijamin kinerja cepat hasil berkualitas. Terimakasih

Leave a Reply