Cara Membuat Sayur Lodeh Sunda

Haloo guys pada artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara membuat sayur lodeh sunda. Tanpa panjang lebar simak artikel ini.

Sayur lodeh

Sayur lodeh adalah salah satu makanan yang sudah khas di sunda. Warga daerah sunda sudah pasti mengenal yang namanya sayur lodeh, Sayur yang satu ini sudah menjadi makanan sehari – hari warga sunda.

Saking seringnya mereka memakan ini, bahkan kalian bisa mendapati sayur lodeh di berbagai warteg warteg di daerah Jakarta atau Bandung sana.

Sayur lodeh dapat dimakan diberbagai kondisi, bisa saat makan bersama keluarga, pada saat parasmanan, saat hajatan, bahkan sayur lodeh ada di menu hidangan di Hotel bintang 5. ya benar, sayur lodeh ada di hotel bintang 5.

Namun tidak usah kawatir karena kalian dapat membuat sayur lodeh sunda sendiri dirumah. Sayur yang digunakan untuk membuat sayur lodeh juga tidak susah dicari malah dapat kalian temukan di pasar – pasar tradisional.

Sayur Lodeh Sunda

Nah untuk kalian yang tidak tau cara memasak sayur lodeh dan tidak tau resepnya apa, disini saya akan membagikan resep dan cara mengolahnya.

Bahan :

  1. Melinjo secukupnya
  2. 2 buah Wortel
  3. 1 buah Jagung
  4. Labu Siam secukupnya
  5. 5 helai Kacang Panjang
  6. Daun Kubis/Kol secukupnya
  7. 1 buah Terong Ungu
  8. Daun Melinjo secukupnya
  9. 1 buah Cabai (Cabe) Hijau
  10. 3 buah Cabai (Cabe) Merah
  11. 5 siung Bawang Merah
  12. 3 siung Bawang Putih
  13. 1/2 sendok teh Ketumbar
  14. 2 cm Kencur
  15. 2 buah Kemiri
  16. Terasi secukupnya
  17. 2 lembar Daun Salam
  18. 3 cm Lengkuas
  19. Garam secukupnya
  20. 1 liter Santan Encer
  21. 100 cc Santan Kental
  22. Gula Pasir secukupnya

Cara Mengolahnya :

  1. Ambil semua bahan dan cuci secara bersih.
  2. Siapkan panci dan masukan santan lalu panaskan hingga mendidih.
  3. Masukan bahan yang memiliki waktu matang lebih lama seperti Mlinjo, wortel, dan jagung.
  4. Tambahkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, dan kemiri. Setelah itu masukan labu siam, lalu masak hingga labu matang
  5. Setelah labu matang tambahkan daun salam, lengkuas, garam, gula, terasi, dan cabai.
  6. Lalu masukan santan kental, terong, dan kacang panjang. Masak hingga terong benar benar matang.
  7. Setelah terong matang masukan daun mlinjo lalu masak sambil diaduk.
  8. Jika sudah matang angkat dan sajikan.

Sayur Lodeh Viral?

Viral di media sosial tentang merekomendasikan 7 jenis sayuran lodeh untuk membantu memerangi epidemi. Hal ini sesuai dengan tradisi Jawa yang dikenal sebagai “pagebluk”.

Sayur Lodeh adalah kuah santan khas dari Jawa Tengah. Hidangan ini dibuat dengan menggunakan sayur yang bisa didapatkan secara mudah seperti labu siam, nangka muda, kacang panjang, dan mlinjo. Hidangan lodeh ini juga dapat menggunakan sayuran lain yang cocok untuk rasa gurih, seperti terong dan lainnya.

Saat pada masa buruk biasanya orang – orang memasak sayur lodeh, hal itu sering disarankan oleh banyak orang untuk memasak sayur lodeh menggunakan tujuh buah sayur. Tujuh atau Pitu dalam bahasa Jawa berarti “pitulungan” dan meminta tolong. Jenis 7 sayur yang dikatakan itu ialah labu, kacang panjang, terong, mlinjo, kluwih, tempe, dan kulit mlinjo. Karena menggunakan 7 jenis sayur, orang Jawa juga sering menyebutnya dengan tujuh jenis sayur.

Orang Jawa melawan wabah dengan membuat dan memakan lodeh nabati secara bersamaan dan bersama-sama. Namun, 7 jenis sayur yang digunakan dalam sayur lodeh memiliki arti dan harapan tersendiri.

Itulah artikel yang dapat saya bagikan hari ini. Jika kalian ingin membaca artikel tentang sayur lodeh lagi, bisa membaca artikel tentang sayur lodeh ini. Atau bisa membaca artikel lainnya di website ini.

Leave a Reply