Cara Menyetel Motor Injeksi Brebet Saat Digas

Pada saat Anda akan mulai mengendarai sepeda motor, hal yang paling penting agar motor bisa mengemudi adalah dengan menarik pegangan gas. Tetapi apa yang terjadi jika ketika menarik pegangan gas ada ketidakstabilan karena sepeda motor akan mogok.

Sangat tidak nyaman untuk mengalami tarikan gas yang tidak stabil ini. Terutama bagi Anda yang sudah memiliki motor teknologi injeksi yang kurang memiliki pengetahuan tentang penyebab dan cara memperbaiki kerusakan.

Baca juga : harga honda vario 150

Penyebab dan Cara Menyetel Motor Injeksi Brebet Saat Digas:

  1. Filter Udara Tidak Berfungsi

manfaat filter atau filter udara adalah menyaring agar udara yang masuk ruang bakar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu sehingga campuran udara dan bahan bakar lebih sempurna. Jika kondisi filter udara kotor maka akan mengakibatkan tarikan gas motor menjadi berat dan tidak stabil.

Motor juga akan tiba-tiba mati atau mogok jika filter udara kotor dibiarkan begitu saja. Filter udara menjadi kotor karena lingkungan yang berdebu dan masa pakai yang lama.

Cara menangani saringan udara tidak berfungsi

Pastikan Anda sering mengecek kondisi saringan udara. Motor Matic Honda sekarang menggunakan saringan udara tipe basah di mana saringan udara tidak dapat dibersihkan dan harus segera diganti. Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan daripada filter udara kering yang harus dibersihkan secara teratur.

  1. Jarak Busi Tidak Benar

Mesin membutuhkan busi dengan pengaturan regangan yang sesuai untuk bekerja dengan baik. Ukuran kerenggangan mempengaruhi suhu penyalaan busi, yang secara langsung mempengaruhi pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin. Memperbesar busi akan menghasilkan busi yang lebih besar, yang dapat bermanfaat bagi beberapa mesin yang dimodifikasi untuk memaksimalkan efisiensi.

Penggunaan colokan yang bukan asli Honda bisa berisiko

  1. Busi meleleh,
  2. Performa mesin menurun
  3. Pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan kerak,
  4. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros
  5. Pemasangan busi yang salah dapat menyebabkan isolator retak sementara cara mengencangkan busi yang terlalu keras dapat menyebabkan sekrup rusak. Inilah yang menyebabkan tarikan gas tidak stabil pada sepeda motor injeksi Honda.

Cara mengatasi Spacing Busi yang Tidak Benar

  1. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi jika jarak busi Anda tidak benar terpisah:
  2. Periksa busi setiap 4.000 km.
  3. Ukur celah busi antara tanah dan pusat elektroda. Jika celah lebih besar dari 1mm, ganti busi. Jangan sesuaikan ukuran celah, karena menyesuaikan celah dengan pemukulan akan menyebabkan pengapian fokus.
  4. Jika ada endapan sisa pembakaran, bersihkan / cuci dengan bensin. Jika tidak bisa, segera ganti busi.

3. Pengaturan Katup Tidak Tepat

Penyebab gas yang tidak stabil juga dapat disebabkan oleh pengaturan katup yang salah. Tekanan

kompresi di ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyesuaian katup atau katup. Jika pengaturan katup terlalu ketat sehingga tidak memenuhi standar berarti katup membuka dengan cepat dan menutup lebih lama, semakin lama pembukaan membuat lebih banyak gas masuk. Dan jika pengaturan katup terlalu renggang, katup sudah terlambat untuk membuka dan menutup dengan cepat. Jika ini terjadi pada katup saluran masuk, pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk kecil.

Cara menangani Pengaturan Valve Tidak Benar
Ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jarak terpisah dari katup sepeda motor Honda yang ideal. Saat melakukan penyesuaian katup, posisi piston harus berada di atas kompresi. ?? Untuk menemukan posisi ini, Anda harus menyesuaikan tanda T pada magnet dengan tanda blok, dan juga tanda pada timing gear dengan tanda pada kepala silinder. Tetapi disarankan untuk membawa sepeda motor Honda ke AHASS terdekat sehingga lebih tepat dalam mendiagnosis dan memperbaiki pengaturan katup.

4. Mesin Stasioner Bulat Kurang Dari Standar
Honda Duck Motor RPM Standard
Honda Duck Motor RPM Standard
Standar untuk RPM Motor Matic Honda
Standar untuk RPM Motor Matic Honda
Standar RPM Honda Motor Sport
Standar RPM Honda Motor Sport

Itu terlihat sepele, tetapi jika diabaikan itu dapat memiliki efek buruk pada motor, terutama pada tarikan gas motor. Jika rotasi stasioner terlalu rendah, dapat menyebabkan tarikan gas motor menjadi tidak stabil. Pengaturan rotasi stasioner yang kurang dari standar adalah penyebab utama tarikan gas yang tidak stabil.

Cara menangani Mesin Bulat Stasioner Kurang dari Standar
Karena perlunya perangkat untuk memperbaiki pengaturan rotasi stasioner ini, disarankan untuk membawa motor Honda ke AHASS terdekat untuk servis sesuai dengan standar sepeda motor Honda.

Leave a Reply