Jenis-Jenis Iklan Online untuk Digital Marketing

Di zaman yang sudah modern ini, tidak sulit untuk melakukan promosi usaha menggunakan media online yang dikenal dapat menjangkau lebih banyak target usaha. Ada berbagai macam jenis iklan online yang sering digunakan oleh pelaku usaha, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Jenis Iklan Online yang Sering Digunakan

1. Direct Advertising

Jika Anda pernah melihat iklan-iklan yang tayang di suatu website tertentu, maka iklan tersebut bisa dikatakan sebagai direct advertising. Iklan tersebut ditayangkan karena adanya kesepakatan antara pihak pengiklan dengan pemilik media sebelumnya.

Website yang sering mendapatkan tawaran iklan jenis ini biasanya merupakan website yang telah memiliki trafik tinggi. Tak hanya itu, biasanya pengiklan juga akan mencari website yang relevan dengan produk yang hendak diiklankan.

2. Self-service Advertising

Jenis iklan yang satu ini kini merupakan jenis yang banyak digunakan karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Self-service advertising merupakan iklan yang bisa dikendalikan oleh pemilik iklan sesuka hatinya, mulai dari desain, informasi, hingga penempatan iklan tersebut.

Jenis iklan ini dinilai lebih hemat biaya dan hal inilah yang membuat iklan ini banyak diminati.

Contoh iklan jenis ini adalah Google Ads yang bisa dipasang dengan Rumah Ads sebagai partner Google yang telah terverifikasi. Beriklan menjadi lebih mudah dan murah dengan jangkauan yang lebih luas.

3. Search Engine Marketing

Iklan jenis Search Engine Marketing merupakan iklan yang bisa dijumpai saat memasukkan kata kunci tertentu pada mesin pencarian. Setelah memasukkan kata kunci, Google atau jenis mesin pencarian lainnya akan mencarikan halaman website yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Terdapat dua jenis iklan ini, yakni paid traffic yang memungkinkan pengiklan mendapatkan promosi iklan tanpa harus membayar dan free traffic yang memungkinkan pemilik iklan harus membayar biaya iklan.

4. Social Media Marketing

Pengguna media sosial yang semakin membludak menjadikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha, salah satunya adalah dapat melakukan promosi produk dengan mudah dan cepat. Promosi dengan media sosial dinilai lebih ampuh, mengingat banyaknya pengguna aktif di platform ini.

Beberapa jenis iklan online di atas bisa Anda pilih untuk mempromosikan produk agar lebih dikenal luas oleh target pasar.

Leave a Reply