Jenis Jenis Bus di Indonesia yang Cocok Untuk Usaha Rental Bus

Jenis Jenis Bus di Indonesia – Ada banyak jenis bus wisata yang bolak-balik di jalanan. Bus pariwisata sudah menjadi moda transportasi yang disukai untuk wisata dalam dan luar kota dengan jumlah penumpang yang banyak. Seiring perkembangan jaman, transportasi terus maju dengan berbagai macam inovasi dari karoseri mobil Indonesia.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat berbagai jenis bus wisata yang ada saat ini. Jadi demi kenyamanan dan kemudahan bepergian dengan rombongan, sebelum memutuskan menyewa bus ada baiknya mendengar informasi mengenai jenis bus terbaru yang ada saat ini.

Hal tersebut dilakukan karena dengan jenis bus yang berbeda akan membuat Anda bingung saat membedakannya. Apalagi, bus bertingkat saat ini menjadi incaran perusahaan bus untuk persewaan kelas menengah ke atas. Jenis bus apa yang terbaru? Daripada makin penasaran, simak saja informasi berikut ini.

Jenis Jenis Bus di Indonesia

Bus Super High Deck

Jenis bus wisata selanjutnya adalah bus dek super tinggi atau biasa disingkat SHD. Bus jenis ini merupakan jenis bus yang saat ini sedang populer dan banyak digunakan oleh konsumen. Bus SHD diperkenalkan pada GIIAS 2015 dan telah menjadi armada andalan oleh banyak titik penjualan di Indonesia.

Yang membedakan bus jenis ini adalah memiliki tinggi sekitar 3900 mm, dan memiliki batang yang sangat besar. Padahal, karena ukurannya yang besar, boks bus ini bisa diisi sepeda motor. Fitur luar biasa dari bus ini yang bisa Anda lihat adalah kaca depan bus. Bus jenis ini menggunakan glazur ganda dan memiliki splitter.

Dari segi interior, SHD telah didesain dengan lebih mewah dan nyaman. Dengan cara ini, penumpang bus secara alami akan merasa puas dan menikmati perjalanannya. Bus SHD dilengkapi dengan banyak fitur dan fasilitas keamanan canggih. Desain interior bus wisata jenis ini sangat menarik.

Bus Pariwisata High Deck dengan Double Glass

Bus Wisata Double Deck adalah bus yang dikembangkan dari SHD Bus. Bus pelatih jenis ini sangat cocok dengan sasis di luar spesifikasi SHD. Perbedaan yang paling mencolok dengan vektor SHD ini adalah bodi bagian bawah dan tingginya sama dengan bodi HD. Dari segi ketinggian bus ini lebih rendah 30 cm dari bus HD yaitu 3700 mm.

Bus wiper kaca ganda dek tinggi harus ditempatkan di TYNAG atau atap. Hanya ada satu penghapus. Pada spatbor kaca depan terdapat kotak potong di atas spatbor. Jarak antara jendela belakang dan palka lebih sempit. Bagian interior bus ini memiliki konfigurasi kursi 2-3 dan 2-2.

Desain interior kabin bus, termasuk pemasangan panel dan komponen interior lainnya, sangat elegan. Pengemudi dashboard memiliki desain yang simpel namun terlihat elegan. Sebagai jenis bus wisata dengan dek yang tinggi di atas ketinggian dek rata-rata, maka pijakan kaki standar bagi penumpang yang akan boarding didesain dengan cara yang tidak terlalu curam.

Acropolis Transport adalah Rekomendasi Sewa Bus Pariwisata di Jogja Terbaik.

Bus Pariwisata High Deck

Seperti namanya, bus ini memiliki lantai yang tinggi. Ketinggian lantai sekitar 3,85 hingga 3,9 meter lebih tinggi dari bus pelatih non-HD. Dengan lantai setinggi ini, bus wisata jenis ini memiliki layar yang terlihat tinggi dan terdapat banyak ruang di bawah kabin penumpang.

Biasanya space kosong di bawah kabin digunakan untuk barang bawaan yang sangat besar tentunya. Jadi dengan barang bawaan yang besar ini bus ini bisa menampung hingga 5 motor sekaligus di dalam bus ini. Banyak perusahaan PO dan konsumen bus yang menyuarakan alasan ini.

Bus ini sempat populer pada tahun 2009 dan hingga saat ini bus wisata jenis ini masih banyak diminati. Untuk membedakan bus HD dan bus non-HD, bus HD memiliki karakteristik tinggi bus dari sekitar 3400mm hingga 3500mm. Sekilas, Anda akan kesulitan membedakan bus HD dan non-HD.

Namun yang membedakan bus HD dan non-HD adalah bentuk interiornya. Anda bisa membedakannya dengan melihat interior Bus Turis HD akan memiliki kursi pengemudi lebih rendah dari kursi penumpang. Tak hanya itu, Anda bisa melihat keunggulan lainnya, yakni tidak adanya tonjolan di sisi pengemudi.

Bus Ultra High Decker

Jenis bus wisata baru lainnya adalah bus lantai atas. Ketinggian bus tingkat ini 4 meter dari permukaan tanah. Ketinggian bagasi bus jenis ini sekitar 1,8 meter. Bus ultra high altitude merupakan bus terbaru tahun 2018 dan sempat menjadi sorotan bagi Busmania yang mengikuti ajang GIAAS

Mesinnya dirancang dengan sasis mewah Mercedes-Benz berkapasitas 11.967 cc dan ruang boot yang sangat besar. Jok pengemudi juga didesain rendah untuk memberikan kemudahan akses ke depan sedangkan pintu tengah akan dibangun dengan tangga.

Bus Pariwisata Double Decker

Bus tingkat merupakan bus yang sering disebut dengan bus tingkat. Bus ini menjadi favorit di Busmania yang memiliki pasar yang bagus untuk perusahaan dan aksesoris. Bus yang bermesin Mercedes-Benz ini sekarang menjadi bus yang mahal dan harganya bisa mencapai milyaran rupee.

Kapasitas transmisi bus ini mencapai 250 ton, dan kemudinya memiliki kapasitas transmisi bersama dengan program stabilitas elektronik, serta presisi dan stabilitas roda kemudi saat beroperasi sepenuhnya otomatis. Bus jenis ini hanya mampu menampung 47 penumpang. Dengan begitu, penumpang akan sangat dimanjakan dengan segala kemewahannya.

Bus tingkat dua untuk tujuan wisata sangat diminati. Terdapat bus tingkat yang memungkinkan penumpang menikmati pemandangan langsung dari atas. Bus ini cocok digunakan sebagai moda angkutan umum jalur tinggi karena mampu mengangkut lebih banyak penumpang.

Tinggi bus ini sekitar 4.150 mm dengan dua lantai yang dihubungkan dengan landai. Bus tingkat ini pertama kali dikenal di negara tetangga Malaysia. Sebelum akhirnya tren bus tingkat menyebar ke negara yang saat ini masih menjadi favorit.

Inilah beberapa jenis bus yang ada saat ini. Bagi Anda yang sedang berada di Jogja dan sekitarnya dan memiliki rencana bepergian ke luar negeri atau dalam kota dengan rombongan besar, Anda bisa menghubungi Acropolis Transport karena ada beberapa pilihan bus terbaik yang ditawarkan kepada Anda. Anda dapat memilih jenis bus wisata yang Anda inginkan, dan Acropolis Transport akan menyediakannya untuk Anda.suppport by Generasi Hijau. Thanks For You All.

Leave a Reply