20+ Jenis Kertas Percetakan Dan Fungsinya

Apakah kalian mengetahui jenis kertas percetakan yang sering digunakan? Dalam pembahasan kali ini akan mengulas mengenai 20 macam jenis kertas percetakan beserta fungsinya.

Kertas merupakan kebuthan primer bagi semua orang, baik di perusahaan, organisasi, maupun instansi. Kita mengetahui setiap orang menggunakan kertas dalam kesehariannya baik untuk transaksi maupun informasi.

Maka penting untuk mengetahui jenis kertas yang digunakan dalam percetakan. Selain menambah pengetahuan, juga supaya kita tidak slah menyebutkan kertas jika hendak mencetak di percetakan.

Selain fungsi yang sudah dijelaskan diatas, kertas juga digunakan untuk mencetak informasi atau data, seperti buku, majalah, koran, katalog, kalender, laporan, spanduk, banner, kartu nama, dan masih banyak lagi.

Jenis Kertas Percetakan
Jenis Kertas Percetakan
Berikut adalah jenis-jenis kertas yang cukup sering dipergunakan dalam dunia percetakan:
  1. Kertas Yellow Board
  2. Kertas Corrugated
  3. Kertas Fancy Paper
  4. Kertas Samson Kraft
  5. Kertas Concord, BC, BW, dan Linen Japan
  6. Kertas Art Paper
  7. Kertas Art Karton
  8. Kertas Ivory
  9. Kertas Dupleks
  10. Kertas HVS
  11. Kertas Matte Doff Paper
  12. Sublime Paper
  13. Double-Side Paper
  14. Fiver Matte
  15. Premium Glossy Foto Paper
  16. Sticker Glossy Foto Paper
  17. Kertas NCR
  18. Kertas Doorslag
  19. Jasmine
  20. Kalkir

Yuk Kenali, Jenis-Jenis Kertas Percetakan Dan Fungsinya

1. Kertas Yellow Board

Ciri khas dari Kertas ini sangat tebal dan biasanya digunakan sebagai template desain undangan cetak hardcover. Umumnya percetakan offset tidak dapat mencetak pada kertas ini, sehingga agar mudah maka melapisi kertas ini pada kedua sisi dengan kertas art paper atau duplex selama proses pencetakan. Gramatur dari kertas ini adalah antara TB 30 dan YB 40.

2. Kertas Corrugated

Jenis kertas corrugated memiliki khas warna coklat pada permukaannya dan juga bergelombang. Biasanya kertas ini digunakan untuk membuat dus-dus suatu produk kemasan seperti :

  • Dus mie instan
  • Dus makanan ringan
  • Dus air mineral
  • Dus produk elektronik (Tv, Komputer, dst)

Sebenarnya Kertas ini sama halnya dengan kertas yellow board karena memerlukan kertas lain ketika di percetakan offset.

3. Kertas Fancy Paper|Jenis Kertas Percetakan

Selanjutnya adalah Kertas fancy paper, merupakan kertas yang banyak digunakan untuk mencetak sebuah undangan nikah.

Sangat beragam dalam kertas ini , baik warnanya dan juga karakteristiknya. Berikut adalah beberapa jenis dari kertas fancy paper:

  1. Java emboss
  2. Jasmine
  3. Millennium
  4. Hawaii, dst

Gramaturnya adalah 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.

4. Kertas Samson Kraft

Kertas Samson kraft diproduksi melalui proses daur ulang, sehingga warna kertas menjadi coklat. Biasanya kertas ini digunakan untuk kantong kertas atau kemasan lainnya. Gramaturnya adalah 70 gr dan 80 gr.

Baca Juga : Ketahui Jenis Jenis Kertas Yang Sering Dipakai dan Karateristiknya

5. Kertas BC, BW, LINEN JAPAN, dan Concord

Berbeda dengan kertas lain, keunikannya terletak pada permukaan yang bertekstur dan pilihan warna yang beragam.

Karena Kertasnya cukup tebal dan cocok untuk mencetak sertifikat, kartu nama, dll. Gramatur kertas ini adalah 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

6. Kertas Art Paper

Jenis kertas percetakan selanjutnya yaitu Kertas art paper. Merupakan kertas yang mempunyai permukaan yang licin. Biasanya digunakan untuk cetak seperti brosur, flyer, katalog, hingga majalah umumnya menggunakan kertas ini.

Gramatur yang tersedia adalah 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr. Namun kertas ini juga terdapat dalam jenis semi doff yaitu matt paper.

Kekurangan dari kertas ini kurang optimal dalam penyerapan air sehingga tidak cocok jika menggunakan tinta dye yang mana tinta ini terbuat dari bahan dasar air. Untuk tinta yang cocok untuk mencetak dalam kertas art paper adalah tinta art paper sendiri.

7. Kertas Art Carton

Jika dilihat sekilas Kertas art karton ini hampir mirip dengan kertas art paper dalam hal dua sisi permukaannya, yaitu halus dan licin.

Perbedaanya terletak pada tingkat ketebalan, dan art carton lebih tebal daripada art paper.

Penggunaan Kertas ini biasa untuk membuat desain cetak kartu nama, map, cover buku, company profile dan masih banyak lagi. Gramatur kertas art carton mulai dari 190 gr hingga 400 gr.

8. Kertas Ivory|Jenis Kertas Percetakan

Permukaan dan kehalusan kertas ini mirip dengan art carton. Namun hal ini mudah dibedakan karena tekstur halus kertas ivory hanya ada di satu sisi, bukan di kedua sisi art carton. Tekstur istimewa yang dihasilkan merupakan hasil proses pelapisan.

Penggunaan Kertas ivory ini cocok untuk mencetak kotak kosmetik di atas kantong kertas. Gramatur yang tersedia adalah 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr.

9. Kertas Duplex|Jenis Kertas Percetakan

Kertas dua sisi dan memiliki dua warna berbeda pada kedua sisinya, satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu-abu.

Biasa digunakan untuk mencetak kotak obat dan makanan. Gramatur yang tersedia adalah 250 gram, 270 gram, 310 gram, 350 gram, dan maksimum 450 gram.

10. Kertas HVS|Jenis Kertas Percetakan

Patinya kertas ini sudah tidak asing lagi, dan mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Biasanya kertas HVS digunakan untuk fotokopi dan cetak buku.

Permukaan kertas harus kasar, kertas memiliki gramatur, antara lain 60 gram, 70 gram, 80 gram hingga 100 gram.

11. Kertas Matte atau Doff Paper

Merupakan kertas yang direkomendasikan untuk kebutuhan pencetakan foto, dan efeknya bagus.

Kertas ini mudah menyerap tinta, sehingga dapat menyembunyikan kualitas printer dan tinta, serta tidak memantulkan cahaya.

Sangat cocok digunakan untuk mencetak foto dengan frame atau foto yang sering disimpan.

12. Kertas Sublime Paper

Pada umunya kertas ini berfungsi sebagai perantara saat mentransfer gambar ke kaos atau kaos. Saat ingin mencetak desain kaos custom silahkan gunakan kertas ini karena paling bisa mentransfer tinta ke media kaos.

13. Double-Side Paper

Penggunaan kertas ini digunakan untuk mencetak foto di depan dan belakang. Kualitas cetak agak kusam dan kusam.

Disarankan untuk menggunakan kertas dua sisi ini sebagai alat promosi untuk mencetak brosur. Karena calon konsumen atau pembeli bisa melihat dari kedua sisi.

14. Fiver Matte|Jenis Kertas Percetakan

Selanjutnya adalah Kertas fiver matte merupakan kertas yang tahan lama, karena kertas ini dibuat memnggunakan pH netral atau disebut juga dengan Archival Paper.

15. Premium Glossy Foto Paper

Jenis kertas ini biasa disebut kertas high-gloss, dan dapat mencetak foto dengan efek gloss yang lebih tinggi. Walaupun sudah dipastikan harga kertas ini akan lebih tinggi, namun tetap disarankan untuk mencetak foto beresolusi tinggi.

Namun, foto yang dicetak terlihat lebih cerah dan lebih optimal. Premium Glossy Foto Paper merupakan jenis kertas yang “unik” karena teksturnya yang tipis dan sekilas terlihat transparan.

16. Sticker Glossy Foto Paper

Jenis Kertas Percetakan

Biasanya Kertas ini digunakan untuk membuat sticker dan juga sangat mampu mencetak foto beresolusi tinggi.

17. Kertas NCR|Jenis Kertas Percetakan

Jenis Kertas Percetakan

Apakah kalian mengetahui Apa itu kertas NCR? Kertas NCR merupakan kertas non carbon required yang dapat menembus warna tanpa menggunakan karbon.

Jenis kertas ini terdiri dari dua lapisan yaitu Colour Receiver dan Colour Transfer.

Kertas NCR memiliki beberapa tipe,yaitu :

  1. Tipe top
  2. Tipe Middle
  3. Tipe Bottom

Fungsi dari kertas NCR biasa digunakan untuk membuat surat jalan, kwitansi, invoice, nota jual beli PO (Purchase Order) , form pendaftaran sampai cetak faktur pajak.

18. Kertas Doorslag|Jenis Kertas Percetakan

Jenis Kertas Percetakan
Doorslag

Doorslag Paper dipilih sebagai alternatif NCR Paper karena Slag Doorslag lebih hemat dan murah. Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak notes atau kertas cetak.

Jika Anda ingin mencetak note, saran kami gunakan kertas NCR sebagai pengganti door stop Mengapa? Untuk menghindari proses pencetakan yang cenderung sulit karena ukurannya yang sangat tipis.

19. Kertas Jasmine|Jenis Kertas Percetakan

Jenis Kertas Percetakan

Jenis Kertas jasmine merupakan kertas yang sangat mahal. Ingin mencetak undangan dengan efek glitter? Maka, kertas ini sangat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun perlu diketahui bahwa setelah mencetak pada kertas ini, warnanya akan tampak kusam, pucat atau pudar dari warna aslinya.

Anda perlu melakukan hal berikut untuk mengatasi masalah ini:

1. Buat efek relief pada teks dalam desain.

2. Buat lebih banyak atau pengaturan warna tinta wajib untuk mendapatkan hasil cetakan yang lebih baik dan lebih dekat dengan pratinjau hasil desain.

20. Kertas Kalkir|Jenis Kertas Percetakan

Jenis Kertas Percetakan

Apakah Anda ingin mencetak di atas kertas transparan? Maka Anda perlu mencoba kertas kalkir atau orang yang dulunya disebut kertas lilin.

Makalah ini merupakan kertas yang biasa digunakan oleh para desainer. Kertas kalkir memiliki ketebalan sekitar 90/95 gram, yang sangat keras dan tangguh dibandingkan dengan kertas HVS.

Tata bahasa kertas kalkir sangat tipis, dan juga dapat digunakan sebagai media transmisi pelat cetak. Harap berhati-hati saat menggunakan kertas kalkir ini. Karena profilnya yang kaku, mudah patah jika tertekuk secara tidak sengaja atau sengaja.

Demikian artikel seputar jenis kertas percetakan, Anda dapat memilih yang mana yang cocok untuk kebutuhan Anda. Apakah itu untuk kebutuhan sehari-hari, pendidikan, bisnis, hingga promosi, itu semua kembali pada kebutuhan masing-masing.

Leave a Reply