Kapan Waktu Yang Tepat untuk Membayar Zakat Fitrah

Di bulan ini sebagai umat Islam baik laki-laki maupun perempuan diwajibkan membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah zakat bagi penduduk yang mampu. Namun tahukah kamu, berapa besaran zakat yang wajib dibayarkan dan kapan kala untuk pembayarannya.

Mantan Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta Zulfa Mustofa menjelaskan, zakat fitrah ditentukan dari makanan pokok sehari-hari. Dalam hal ini penduduk Indonesia adalah beras bersama besaran 2,5 sampai 3,5 kilogram.

“Pertama yang dipakai patokan adalah makanan sehari-hari yang dia makan. Tentunya beras orang menengah atas tidak serupa bersama menengah ke bawah.

Zulfa menuturkan, tiap tiap penduduk wajib menyadari apa makan pokok yang kebanyakan dikonsumsi untuk mengukur besaran zakat yang bakal diberikan. Artinya tidak menyamakan bersama patokan orang lain atau kebanyakan yang ada di masjid, dan musala yang menggunakan patokan umum.

Bahkan, kata dia, lebih bagus terkecuali penduduk membayar zakat lebih dari makanan pokok yang biasa dikonsumsi.

“Dalam agama bagusnya orang itu (bayar zakat) sebetulnya lebih dari standar kewajiban. Misal dia membeli beras 10 ribu per kilogram maka dia membeli harga di atasnya.

Akan lebih bagus terkecuali dia miliki kelebihan harta ditambahi bersama sedekah di mana si penerima itu sanggup dilengkapi lauk pauk atau uang, walaupun ini bukan kewajiban hanya anjuran. Itu jadi bagus,” tuturnya.


Untuk pembayaran zakat fitrah, kata Zulfa, sanggup ditunaikan sejak awal Ramadhan. Namun dalam peraturan agama ada peraturan wajib membayar zakat fitrah yakni kala malam takbiran Idul Fitri.

“Tapi dalam fiqih orang boleh menyegerakan zakat sebelum kala wajib, bermakna dia udah masuk kala yang diperbolehkan zakat fitrah sebelum kala wajib,” ujarnya.

Lebih jauh Zulfa mengatakan, batas akhir pembayaran zakat fitrah adalah kala khotib naik ke atas mimbar untuk laksanakan khotbah kala salat Idul Fitri.


“Kira-kira antara jam 7 pagi. Orang habis subuh masih sanggup bayar zakat fitrah terkecuali kala dia senang berikan zakat fitrah kepada seseorang, orangnya enggak ada, itu boleh diundur sampai orang itu datang,” tuturnya.

Leave a Reply