Keuntungan Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Dibanding Tempat lainnya

Keuntungan budidaya ikan mujair, kesempatan kali ini akan mengajak anda membahas mengenai peluang usaha budidaya Ikan Mujair, apa saja keuntungan budidaya ikan mujair di kolam terpal, berapa harganya dipasaran, Kenapa usaha budidaya ikan mujair ini layak dikerjakan, selamat membaca.

Ikan mujair atau ada juga yang menyebutnya ikan mujaer memiliki nama latin (Oreochrom is mossambicus) adalah sejenis ikan budidaya air tawar yang merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang cukup dikenal masyarakat.

Ikan mujair ini sendiri banyak dipilih masyarakat untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang enak, gurih, tidak amis dan mudah di peroleh.
Ikan mujair juga merupakan jenis ikan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Cara budidaya ikan mujair jenis ini juga sangat cepat dalam berkembang biak. Dalam waktu beberapa bulan saja populasi ikan mujair dapat berkembang dengan pesat.

Bagi peternak yang ingin membudidayakan ikan mujair, sesungguhnya mampu dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui kolam tanah dan kolam terpal. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai pembudidayaan dari ikan mujair pada kolam terpal.

Hal ini sangat membantu bagi calon peternak yang ingin merasakan keuntungan dari membudidayakan ikan mujair namun tidak memiliki banyak lahan kosong.



Selain makanan pokok, bisa juga menggunakan mesin giling sekam menjadi bekatul  untuk pakan ternak yang bisa menjadi alternatif ternak anda. Untuk bisa diberikan ke ternak anda, sekam harus diubah menjadi bekatul. Penggilingan sekam menjadi bekatul ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling sekam.

Selain itu, dengan pemilihan budidaya ikan mujair di kolam terpal ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kolam tanah.

Keuntungan Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Dibanding Tempat Lainnya Sebagai Berikut

keuntungan budidaya ikan mujair

Inilah Keuntungan Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Dibanding Tempat Lainnya

  • Bisa Di Budidayakan Di Daerah Yang Kurang Air

Biasanya kebijaksanaan daya ikan di area yang menggunakan tanah khususnya area pantai dengan tanah berporos, mampu menjumpai aneka macam macam kendala. Sebab, air akan semakin berkurang akhir eksklusif meresap pada tanah. Hal inilah, mengapa budidaya ikan mujair di terpal menjadi pilihan untuk anda yang berada di lokasi ini.

  • Suhu Yang Berada Di Air Lebih Stabil Membuat Kenyamanan Dari Ikan Mujair

Dengan membudidayakan ikan mujair di terpal, tentunya Anda tak perlu lagi khawatir wacana suhu yang tertera pada air tersebut. Karena suhu air pada bak terpal ini lebih stabil. Hal ini dikarenakan, bak terpal mampu menahan terjadinya fluktuasi suhu air bak yang berubah dan umum terjadi ketika mengalami perubahan musim.

  • Tidak Dapat Menimbulkan Bau Tanah Pada Ikan Mujair

Keuntungan budidaya ikan mujair di bak terpal berikutnya ialah ikan mujair yang dihasilkan tak akan berbau tanah. Umumnya, pada kebijaksanaan daya ikan di area bak tanah akan menghasilkan ikan yang berbau lumpur atau tanah.
Sebagai imbasnya, ikan mujair yang tak berbau lumpur ini tentunya lebih banyak disukai konsumen di bandingkan ikan yang berbau lumpur.

  • Lebih Mudah Menuju Tahap Panen Ikan Mujair

Dengan ukuran bak yang tak terlalu besar, biasanya panen ikan mujair melalui bak terpal ini tergolong lebih mudah. Tak hanya itu saja, di episode dasar pada bak terpal sendiri tidak terdapat lumpur sehingga memudahkan petani ketika panen ikan mujair.

Demikianlah beberapa keuntungan budidaya ikan mujair di kolam terpal dibandingkan dengan kolam tanah. Dimana pada dasar nya kolam tanah akan menimbulkan bau tanah terhadap ikan mujair itu sendiri dan dapat memudahkan proses panen ikan mujair itu sendiri.

Leave a Reply