Macam-Macam Menu Pada Dashboard WordPress

WordPress atau yang lebih familiar disebut sebagai WP merupakan salah satu CMS (Content Management System) berlisensi Open Source yang waktu ini banyak digunakan untuk sebabkan web site profesional.

CMS yang menurut laman Wikipedia juga digunakan oleh web site ternama layaknya CNN, The New York Times, Tech Crunch, hingga Reuters tersebut condong banyak disukai gara-gara WordPress mempunyai dashboard yang menarik dengan beragam kemudahannya.


CMS WordPress digunakan untuk menunjang memudahkan admin web site di dalam mengelola konfigurasi, sehingga tidak kudu lakukan input file satu persatu artikel ke di dalam database dan juga sanggup juga meminimalisir pengeditan file html/php jika memerlukan fitur baru.
Apa itu Dashboard WordPress?

Dashboard adalah halaman awal yang pertama kali Anda memandang sehabis sukses login. Dashboard WordPress kebanyakan memuat macam-macam menu berupa shortcut yang mempunyai kegunaan berbeda-beda.

Nah, pada fakhrurpedia.com kali ini secara khusus kami dapat mengajak Anda untuk mempelajari tiap-tiap kegunaan pada menu yang ada, sehingga nantinya sanggup lebih lancar di dalam sebabkan artikel postingan, mengupload gambar, file, dan lakukan pengaturan cocok kebutuhan.


Cara Masuk Dashboard WordPress

Sebelum mulai mengenal macam-macam menu yang tersedia di WordPress dashboard tentunya Anda kudu tau lebih pernah cara masuk ke Dashboard WordPress yang benar.

Untuk sanggup masuk, pertama nda kudu tau username dan juga password yang dipilih pada waktu instalasi WordPress di cPanel.

Kemudian Anda sanggup membuka URL beralamatkan namadomain.com/wp-admin untuk sanggup menginput username dan password yang sudah Anda miliki.

Masukkan informasi username dan password di kotak login, sesudah itu tekan enter. Selamat! Anda sudah sukses masuk ke halaman dashboard WordPress, jika informasi login yang Anda masukkan benar.

Macam-Macam Menu Pada Dashboard WordPress

Secara umum, tampilan dashboard WordPress mempunyai dua buah elemen utama yang terdiri berasal dari bagian kiri (menu utama) dan bagian kanan (widget).

Sebagai permulaan, kali ini kami dapat mengupas bagian kiri atau yang biasa disebut sebagai menu utama saja. Oh iya, pada tutorial kali ini kami juga menggunakan menu Bahasa Indonesia yang ditambah nama menu bpada pengaturan Bahasa Inggris sehingga lebih enteng dipahami.

Dasbor (Dashboard)

Dashboard atau di dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Dasbor merupakan halaman utama WordPress Admin. Laman ini memuat informasi penting berupa notifikasi pembaruan dan ringkasan shortcut yang sanggup mempermudah Anda di dalam bekerja.

Seperti inilah tampilan Dasbor yang mempunyai sub-menu Beranda untuk menampilkan status atau informasi lazim dan juga sub-menu Pembaruan sebagai halaman informasi jika tersedia update plugin, theme, dan engine WP.

Pos (Posts)

Menu yang satu ini sanggup dibilang menjadi menu paling sering digunakan gara-gara fungsinya yang sanggup meningkatkan artikel postingan, kategori dan juga tag. Bagian ini mempunyai submenu yang terdiri ebagai berikut:,

Semua Pos berfaedah untuk menampilkan semua entry artikel baik yang sudah diterbitkan maupun tetap di dalam wujud draft. Melalui tampilan submenu ini Anda sanggup lakukan editing, melihat, atau apalagi menghapus postingan.


Tambah Baru: (Add New) merupakan submenu untuk sebabkan postingan baru.
Kategori: submenu ini berfaedah untuk mengelola daftar kategori, layaknya sebabkan kategori baru, mengedit, atau menghapus kategori lama.
Tag: submenu tag fungsinya hampir sama layaknya kategori, namun bagian yang dikelola hanya sebatas tag.

Media

Menu ini merupakan area untuk mengelola berkas, baik berupa gambar, file dokumen, atau video. Submenu yang tersedia pada menu fasilitas adalah Pustaka dan Tambah Baru.

Pustaka: memuat semua fasilitas yang pernah diunggah ke di dalam website.. Anda tentu saja diberikan keleluasaan untuk mengedit atau menghapusnya.


Tambah Baru: submenu ini sanggup Anda pilih saat menghendaki mengupload file fasilitas baru berasal dari luar blog.

Laman (Pages)

Menu laman sejatinya hampir sama layaknya menu pos. Akan tetapi, bagian laman (pages) kebanyakan khusus ditujukan untuk halaman statis layaknya Kebijakan Privasi, Tentang Kami, kontak, dan disclaimer. Submenu pada bagian laman tersedia dua yakni:

Tambah Laman: berfaedah untuk memandang daftar laman secara keseluruhan, baik tetap berupa draft atau sudah lama publish.
Tambah Baru, submenu ini berfaedah untuk sebabkan laman baru Jika kapan saja Anda membutuhkan.

Komentar (Comments)

Sama layaknya namanya, menu ini tidak lain berfaedah untuk membuka akses komentar yang dikirimkan lewat postingan. Ada lebih dari satu subkategori yang sanggup digunakan untuk memfilter komentar, yaitu komentar yang belum disetujui, belum disetujui, spam, dan trash

Tampilan (Appereance)

Selain menu pos, menu tampilan (Appereance) menjadi menu favorit pengguna gara-gara fungsinya yang sering digunakan untuk memengaruhi tema website. Berikut merupakan daftar submenu penting yang kudu diketahui berasal dari menu Appereance:

Tema (Template): bagian ini berfaedah untuk menyesuaikan tema. Bisa untuk mengupload, menghapus atau pilih berasal dari daftar template yang di sajikan pihak WordPress.


Sesuaikan (Customize): berfaedah untuk mengotak-atik tampilan web site secara live tanpa kudu masuk ke source code.
Widget: submenu ini sanggup Anda menggunakan untuk mempercantik dan memperkaya bagian sidebar, footer, dan kadangkala juga header.
Menu: berfaedah untuk sebabkan menu yang ditapilkan di bagian header dan footer
Theme Editor: submenu ini sanggup benar-benar berfaedah saat menghendaki memberi tambahan kode tracking Google Analytics atau Search Console.

Plugin

Plugin merupakan fasiitas tambahan yang sebabkan web site berbasis WordPress Anda emakin bertenaga. Pada menu Plugin terdapat submenu lain yang terdiri dari:

Plugin Terpasang (Installed Plugin): berfaedah untuk memandang daftar plugin ang sudah terpasang di website


Tambah Baru (Add New) : sanggup digunakan jika Anda menghendaki mmperkaya fitur web site dengan meningkatkan plugin yang lebih beragam

Plugin Editor: submenu ini biasa dimanfaatkan leh developer untuk lakukan kustomisasi dengan kode PHP dan CSS.

Pengguna (User)

Menu ini adalah tautan yang benar-benar berfaedah untuk mengakomodir kebutuhan jika Anda mempunyai banyak penulis atau karyawan yang menyesuaikan konten. Ada lima level peran pengguna yang sanggup Anda setting secara berbeda, di antaranya adalah Administrator, Editor, Penulis, Kontributor, dan Pelanggan.

Perkakas (Tools)


Seperti CMS lain, Dashboard WordPress juga memberi tambahan keleluasaan kepada pengguna untuk memperluas konten website, baik keluar (export) maupun import. Selain itu, pada menu ini nantinya Anda juga dapat menemukan submenu tambahan yang terkait pada model plugin yang Anda install.

Pengaturan (Setting)


Ibarat sebuah smartphone, menu setting merupakan area bernaung untuk beragam macam pengaturan. Ada cukup banyak submenu yang sanggup kami temukan, di antaranya ialah:

General: submenu ini sanggup digunakan untuk menyesuaikan judul website, tagline, URL, jatah waktu, format waktu, bahasa, hingga batasan untuk tiap-tiap pengguna.


Writing: di dalam prakteknya, submenu ini sering kali digunakan untuk menyesuaikan panjang atau pendeknya feed pada artikel, jumlah artikel yang ditampilkan, dan juga pilih halaman yang dapat menjadi tampilan depan web site Anda.


Diskusi: di dalam pengelolaan website, menu ini mempunyai peran di dalam menyesuaikan komentar yang masuk.


Permalink: Anda sanggup menggunakan submenu permalink untuk menyesuaikan URL web site layaknya yang Anda inginkan. Untuk lebih SEO Friendly tim bikin.website kebanyakan menggunakan tag “postname” di dalam pengaturan ini.

Leave a Reply