Membuat Permen Aneka Varian Dirumah Sendiri

Hai kalian pasti taukan,dengan permen yang memilik bentuk dan warnanya yang sangat menarik yaa Cara Membuat Permen Lolipop.diartikel saya kali ini saya ingin memberitahu kalian semua Membuat Permen Aneka Varian Dirumah Sendiri.

Asal-Usul Permen

Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu.

Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa.

Mulai dari rasa buah buahan sampai kacang kacangan. Perkembangan pembuatan permen ini juga di pengaruhi oleh kebiasaan makan coklat yang di populerkan suku Indian, Aztec, dan Maya.

Perkembangan Permen

Pada Tahun 1828

Permen coklat pertama didunia diciptakan oleh seorang Belanda,Conrad J. Van Houten yang memeras biji coklat yang dimasaknya yang kemudian dicampur gula hingga menjadikannya permen.

Pada Tahun 1869

Thomas Adams, seorang Amerika yang menciptakan permen dari bahan karet.Penemuannya tak sengaja karena awalnya ia ingin membuat mainan hingga ban sepeda namun percobaannya selalu gagal.

Ketika ia memasukan karet kedalam mulutnya timbulah ide untuk menambahkan rasa di karet itu hingga terciptalah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan.

Pada Tahun 1875

Henry Nestle,seorang pembuat susu kental manis dan Daniel Peter, seorang pembuat coklat yang memadukan dua unsur ini menjadi satu dan mendirikan perusahaan coklat susu pertama didunia

Pada Tahun 1908

Lolly Pop, permen bertangkai ini diberinama oleh George Smith H, berdasarkan nama kuda balapnya. cara buat arum manis rambut nenek Tak banyak diketahui awal dari keberadaan permen lollipop ini. Nanum mesin arum manis diciptakan oleh Samuel Born warga Amerika keturunan Rusia.

Pada Tahun 1912

Clarence Crene menciptakan permen mint, ia sendiri sebelumnya membuat permen coklat, tetapi karena permen coklat mudah meleleh pada saat musim panas akhirnya ia mencoba membuat permen dari bahan yang lain.

Keberadaan permen mint itu sendiri sebenarnya sudah ada di daratan Eropa namun kebanyakan berbentuk persegi. Crene akhirnya mencoba membuat permen mint dengan bentuk yang lain yaitu bulat dan bolong ditengahnya.

“Life saver” itulah nama awal permen ini disebut karena memang bentuknya mirip seperti pelampung atau ban menyelamat, dan sekarang permen ini lebih dikenal orang dengan sebutan permen polo.

1. Cara Membuat Permen jelly.


Bahan-Bahan:

  • 3 bungkus agar-agar plain
  • 3 gelas air matang
  • 3 gelas gula pasir
  • Essens aneka rasa buah

Cara Membuat Permen Jelly:

  1. Pertama-tama masukkan bubuk agar-agar, gula pasir dan air.
  2. Masak sampai mendidih, lalu aduk sampai gula benar-benar larut.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu beri essens sesuai selera dan rasa yang diinginkan.
  4. Siapkan loyang, kemudian tuang adonan agar-agar lalu diamkan sampai mengeras.
  5. Potong-potong adonan permen jelly agar-agar yang sudah mengeras, lalu jemur di bawah terik matahari. Bolak-balik agar cepat kering.
  6. Masukkan dalam wadah tertutup atau toples kedap udara.
  7. Permen jelly siap untuk disajikan.

2.Cara Membuat Permen Cokelat Mede


Bahan-bahan:

  • 3 blok cokelat batangan
  • Kacang mede sangrai secukupnya

Cara Membuat Permen Cokelat Meda:

  1. Potong cokelat kecil-kecil.
  2. Masukkan dalam panci anti lengket. Atau menggunakan wadah kaca.
  3. Tim diatas api sedang hingga cokelat meleleh.
  4. Siapkan cetakan. Masukkan kacang mede ke dalam cetakan.
  5. Tuang cokelat leleh ke dalam cetakan.
  6. Diamkan beberapa saat sampai uap panasnya hilang.
  7. Masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 10 menit hingga cokelat mengeras.
  8. Keluarkan permen cokelat dari cetakan. Sajikan.

Demikian artikel Membuat Permen Aneka Varian Dirumah Sendiri,terima kasih atas waktunya.semoga bermanfaat dan selamat mencoba.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Leave a Reply