Rahasia Makna Warna di dalam Logo

Sebelum mengupas lengkap arti warna. Mari bahas apa itu warna,

Warna adalah spektrum spesifik yang terdapat di dalam suatu cahaya prima yang berwarna putih.

Warna sanggup disimpulkan variasi distribusi spektrum cahaya yang dibedakan oleh indera penglihatan manusia.

Jadi, identitas warna sangat terpengaruh oleh panjang gelombang yang ditangkap oleh mata manusia.

Jenis Warna

Dalam klasifikasi warna, teori yang dikenal luas adalah Teori Brewster. Apa itu teori Brewster?

Teori Brewster adalah teori yang mengelompokkan warna ke di dalam 4 group warna, yakni warna primer, warna sekunder, warna terseier dan warna netral.

Teori ini pertama kali dikemukakan pada th. 1831, warna primer disimpulkan sebagai warna dasar yang bukan hasil campuran dengan warna lain, warna primer terdiri berasal dari merah, biru, kuning.

Warna sekunder merupakan hasil campuran berasal dari warna-warna primer tadi, misalkan Ketika kami menggabungkan warna merah dengan biru maka warna ungu bakal muncul atau terkecuali anda menggabungkan warna biru dan kuning, yap warna hijau bakal muncul.

Selanjutnya, warna tersier adalah campuran berasal dari warna primer dengan warna sekunder, disini anda sanggup lihat bagaimana warna coklat sebenarnya adalah campuran berasal dari hijau (campuran berasal dari warna merah dan kuning) dengan warna biru.

Warna Netral adalah warna yang dihasilkan dengan langkah menggabungkan 3 warna dasar (merah, kuning dan biru) dengan proporsi yang sepadan 1:1:1. Hasil campuran ketiga warna ini dengan tepat bakal membuahkan warna hitam.

Diluar 4 group warna menurut teori tersebut, kami juga perlu mengenal istilah warna komplementer. Apa itu?

Warna komplementer adalah pasangan warna yang sementara dipadukan maka sifatnya bakal saling membatalkan 1 mirip lain. Dalam istilah sehari-hari kami sanggup sebut juga warna komplementer dengan istilah warna kontras. Contoh warna komplementer adalah

-hijau merah
-orange biru
-kuning
-ungu


Untuk lebih jelasnya lihat berdasarkan Lingkaran Warna Brewster selanjutnya ini:


Psikologi Warna

Dalam kehidupan manusia, warna tidak cuma ditonjolkan di dalam seni rupa. Dalam dunia branding dan marketing warna jadi kunci penting. Kenapa? Karena berdasarkan penelitian, warna miliki dampak psikologi bagi manusia. Tidak percaya?

Oke, sekarang kami ambil umpama mudahnya, apa yang anda rasakan lihat logo ini?

Tentu anda udah akrab dengan brand franchise restoran cepat saji sejuta umat ini kan?

Saya yakin dikala anda lihat logo ini, mendadak liur anda mengalir lebih deras, perut berdendang ria dan anda jadi lapar?
Kalo benar itulah keliru satu bukti psikologi warna sanggup pengaruhi manusia. Warna merah menstimulasi nafsu makan kita, bukti lainnya, dikala lihat sambal merah lebih-lebih kami jadi mendambakan jadi makan.

Oke mari bahas lebih lanjut tentang fakta kekuatan psikologi warna.

Fakta keren psikologi warna:

Elemen makna warna dalam logo sanggup pengaruhi 90% berasal dari kesan pada pandangan pertama.


Warna sanggup meningkatkan brand awareness sampai 80%
Warna pengaruhi sampai 85% keputusan seseorang membeli.
Warna sanggup pengaruhi perilaku, mood, dan tingkat stress manusia.


Laki-laki lebih menyukai warna biru (57%), hijau(14%) dan hitam (9%)
Wanita lebih menyukai warna biru (35%), ungu(23%) dan hijau(14%)
Orang-orang sanggup berlainan di dalam lihat suatu warna, hal ini tergantung gender dan budaya.


42% orang-orang menilai warna hitam untuk produk yang high quality.
Secara simple selanjutnya tabel di dalam wujud lingkaran yang tunjukkan warna memberikan dampak emosi yang berbeda.


Arti Warna Merah pada Logo

Sebagaimana udah kami bahas diawal, warna merah merupakan warna yang memberikan semangat, gairah dan sanggup memberikan kekuatan.

Warna merah juga sanggup disimpulkan sebagai simbol keberanian dan keyakinan diri, hal ini cocok dengan cii-ciri warna merah yang miliki aura yang kuat satu diantara warna lainnya.

Hal inilah yang mendorong papa bangsa kami memilih warna merah putih yang tunjukkan keberanian dan semagat di dalam kemerdekaan.

Dalam konteks lain, warna merah ikut bermakna impulsive, menarik perhatian dan peringatan, serta tunjukkan perasaan cinta dan kehangatan.
Turunan berasal dari warna merah yang juga dikenal adalah merah maroon, burgundy, crimson, scarlet dan merah muda (pink).

Makna warna orange pada logo

Warna oranye atau oren adalah campuran antara warna merah dengan warna kuning. Warna oren persis dengan keramahan, kreatifitas, kenyamanan, kegembiraan.

Sama seperti halnya warna merah, warna oren juga memberikan keyakinan diri dan optimisme. Warna oren juga bermakna petualangan dan kekuatan bersosialisasi.

Contoh logo yang didominasi warna orange / orens adalah Soundcloud, JBL, Fanta, Nicklodeon, Blogger

Sebagai platform blogging gratis sejuta umat, warna orange logo blogger miliki arti kreatifitas, kekompakan, kesetiaan, kegembiraan, dan mutu yang diberikan kepada seluruh penggunanya.

Arti warna abu-abu di dalam logo

Warna abu-abu persis dengan elegan, futuristik dan mandiri. Warna abu-abu mengkilap sering digunakan untuk memberikan kesan canggih dan mewah.

Contoh logo digemari banyak orang yang mengfungsikan warna abu-abu adalah Apple, brand yang udah tenar eksklusif dan digunakan oleh para sultan.

Logo lain yang mengfungsikan warna abu diantaranya Toyota, Nestle, Wikipedia, Nissan, Marcedes-Benz.

Filosofi warna kuning pada logo

Warna kuning cocok dengan cii-ciri hangat, ceria dan ramah. Warna kuning juga sanggup menarik perhatian. Warna ini sering dikatakan sebagai warna para ekstrovert yang selamanya mendambakan mendapatkan perhatian orang lain.


Warna kuning juga mempromosikan nilai nilai positif, intelektual, dan logis. Warna kuning yang dikombinasikan dengan merah sanggup menarik perhatian di industri restoran atau makanan.

Warna kuning juga menstimulasi faktor logika di otak dan kebebasan, warna kuning juga sering digunakan sebagai simbol simbol dunia pendidikan.

Makna warna biru pada logo

Warna biru merupakan warna paling favorit satu diantara seluruh warna, baik laki-laki dan perempuan tiap-tiap miliki ketertarikan pada warna yang satu ini.

Warna biru sangat familiar di mata kita, birunya laut, birunya langit selamanya memberikan perasaan tenang, analisis yang jernih dan kebebasan tanpa batas. Berbeda dengan warna merah dan kuning, biru selamanya persis dengan udara dingin

Biru sanggup bermakna profesional, berkualitas, dan terpercaya. Warna biru sangat sering digunakan perusahan di bidang teknologi, finansial, farmasi, pemerintahan dan bank.
Variasi warna biru antara lain biru dongker, muda, tua, tosca dan navy.

Arti Warna Hijau pada Logo

Warna hijau identic dengan kesan alami, keterbukaan dan segar. Warna hijau juga merupakan warna yang paling direspon oleh reseptor warna di mata manusia.

Warna hijau juga menyimbolkan kehidupan, kesuburan dan di Indonesia sangat erat dengan logo Lembaga Islam yang tersedia di Indonesia.

Warna hijau merupakan warna pilihan tidak cuman warna biru untuk perusahan yang bergerak dibidang start up teknologi. Kita sanggup lihat Gojek, Grab dan Tokopedia mengfungsikan warna hijau yang sejuk dipandang mata.

Contoh brand lain tersedia Spotify, Starbuck, Fiverr, Android, Holiday Inn, dan Land Rover.

Arti Warna Emas pada Logo

Warna emas sebenarnya variasi lain berasal dari warna kuning, warna emas gold persis dengan kemewahan, kesuksesanm prestasi dan kemenangan.

Warna emas tenar sejalan dengan komoditas emas yang merupakan logam mulia yang miliki nilai fantastis.


Makna warna putih pada logo

Putih itu netral, suci, bersih dan lembut. Putih juga merupakan warna yang netral dan simbol kesederhanaan dan terbuka bebas.

Warna putih kebanyakan miliki peran sebagai warna latar berasal dari sebuah logo. Namun bukan bermakna tidak tersedia logo yang miliki warna putih.

Lihatlah logo The Beatles, WWF, DC, Ubuntu, Apple, Nike, Adidas, Chanel, BBC.

Putih juga banyak digunakan di dalam dunia medis, ini sebab warna putih tidak cuman bermakna hiegenis, juga dipercayai sanggup memberikan ketenangan dan kesembuhan pada pasien.

Arti warna pink / merah muda pada logo

Warna pink maknanya mengenai dengan romantisme, dan feminism. Pink atau biasa disebut merah muda atau merah jambu merupakan campuran warna merah dengan warna putih.

Aura kelembutan, kehangatan dan kepedulian membawa dampak warna ini digunakan di dalam produk wanita.

Brand yang mengfungsikan warna pink diantaranya Baskin Robins, Victoria Secret, Dunkin Donut, LG, Barbie, dan Dribble.

Arti warna hitam pada logo

Warna hitam adalah warna netral yang cocok dipadu padankan dengan warna lainnya.

Warn hitam juga menyiratkan kekuatan dan keyakinan diri. Dengan nilai premium dan prestisius, warna hitam banyak jadi pilihan di industry fashion, umpama saja Zalora, Gucci, Louis Vuitton, Prada, Nike, Puma, dan Loreal.

Arti warna ungu di dalam logo

Warna ungu adalah variasi warna yang lahir berasal dari campuran warna merah dengan warna biru. Warna ungu biasa persis dengan spiritualitas, keanggunan, kedudukan tinggi dan lembut.

Boleh dikatakan, warna ungu sangat jarang digunakan di dalam sebuah logo.

Contoh perusahaan yang mengfungsikan warna ungu di dalam logonya adalah BenQ, Yahoo, FedEx, LA Lakers.


Makna warna coklat di dalam logo

Warna coklat adalah pasangan berasal dari warna alam lain yakni hijau. Warna coklat bermakna handal, alami, dan tidak dominan. Warna Coklat juga sanggup memberikan ketenangan dan memberikan perasaan aman.

Warna coklat juga bakal memberikan kesan hangat, nyaman dan memberikan kesan mahal. Namun, kekurangan warna coklat adalah sulit dipadukan dengan warna lain.

Contoh brand dengan warna coklat adalah Lux, A&W, Magnum, dan beberapa produk makanan berbasis coklat lainnya.

Arti warna warni di dalam logo

“ Logo dengan kombinasi banyak warna (warna-warni) miliki arti dinamis, kreatif dan keceriaan.”

Memiliki logo dengan banyak warna seperti milik Google, Microsoft, Ebay tentunya sangat eye catching. Namun perlu diingat bahwa penyusunan komposisi dan pemilihan kombinasi warna perlu tepat sehingga warna tidak saling merusak.

Kesalahan di dalam pemilihan wujud logo dengan warna warni juga sanggup membawa dampak logo terkesan murahan dan tidak professional, upayakan mengfungsikan wujud yang simple dan warna yang tidak sangat banyak.

Leave a Reply