Refill APAR dan Stepnya

Proses pengisian ulangi APAR pula harus lewat beberapa step seperti pengosongan dan pembersihan tabung, dan isi ulangi APAR dan penekanan dalam tabung.

Langkah Refill APAR dan Macamnya

APAR atau fire extinguisher mempunyai isi yang bervariatif. Karena itu langkah isi ulangnya juga harus memerhatikan isi itu. Walau warna tabungnya sama, ketidaksamaan isi APAR bisa dijumpai dari cap yang ada di tabung, yakni cap putih untuk air atau water mist, cap krem untuk foam, cap hitam untuk CO2, cap kuning untuk cairan kimia basah, dan cap biru untuk dry powder.

Saat sebelum diisi ulangi, tabung APAR harus dikosongkan lebih dulu dan dibikin bersih. Maksudnya supaya isi APAR yang telah lama tidak bersatu berisi yang baru. Kecuali proses pembersihan, tabung APAR pula akan dites ketahanannya untuk tentukan apa tabung itu tidak bocor dan masih pantas gunakan.

Sesudahnya, tabung akan lewat proses isi ulangi atau refill APAR dan diisi sesuai labelnya. Seterusnya, penekanan dalam tabung APAR akan diisi sesuai standard yang berjalan di Indonesia, yakni 12 – 15 bar selanjutnya APAR akan disegel.

Untuk isi ulangi atau jasa refill APAR, Anda bisa beli zat pemadam api yang sesuai keperluan. Tetapi, ingat tabung APAR dibuat dengan penekanan tertentu, proses pengisian ulangnya juga cukup susah.

APAR benar-benar dibutuhkan sebagai sisi perlengkapan genting keamanan karena perannya sebagai pemadam api saat terjadi kebakaran. Karena itu tabung APAR selalu harus ditegaskan pada kondisi penuh hingga proses pemadaman kebakaran bisa dilaksanakan secara lancar.

Walau isi APAR baru dipakai sedikit, benar-benar disarankan untuk menukar isi APAR semuanya saat proses pengisian ulangi. Masalahnya tabung APAR yang warna merah keseluruhannya membuat kita susah untuk menebak berapa banyak isi APAR yang sudah dipakai. Disamping itu, tabung APAR pula selalu harus pada keadaan tersegel saat sebelum dipakai, sementara kunci atau pengaman tabung tidak bisa terpasang kembali bila pernah dilepaskan atau dipakai.

Leave a Reply