Resep Buat Baso Aci Sederhana

Resep Membuat Baso Aci Sederhana, Jajanan khas dari Jawa Barat inisangat digemari banyak orang. Salah satunya bakso aci. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu  Berbeda dengan bakso, bakso aci memiliki tekstur yang lebih keras dan empuk di mulut.

Banyak jajanan khas jawa barat yang sangat di gemari contohnya cimol,aci goreng, mochi,dan masih banyak lagi Biasanya bakso aci ini disajikan dengan kuah dan topping yang berbeda tergantung selera. Jajanan ini tidak hanya disajikan dengan kuah saja, tapi juga bisa disantap sebagai camilan.

Anda juga bisa membuatnya dengan mesin penepung diksmill serbaguna menggorengnya terlebih dahulu dan menyajikannya dengan sambal.Tentunya sajian bakso aci ini tidak kalah gurihnya dengan bakso. Nah, Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

Perbedaan Bakso Aci Dengan Bakso Biasa

y

Bakso Aci Tidak Menggunakan Daging

Bakso pada umumnya dibuat dari daging yang telah digiling dengan tepung aci atau tepung tapioka sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal dengan rasa daging yang kental. Berbeda dengan bakso pada umumnya, bakso aci sama sekali tidak menggunakan daging dalam proses pembuatannya.

Bakso aci hanya menggunakan tepung kaji yang hampir mirip dengan ayam kentucky hanya saja berbeda penggunaan tepung, yang dalam bahasa sunda disebut aci. Makanya bakso ini disebut bakso aci.

Krim Asam

Bakso umumnya memiliki cita rasa yang gurih dengan kuah kaldu yang akan menggugah selera makan. Memiliki keunikan tersendiri pada kuahnya. Bakso Aci memiliki kuah dengan rasa yang agak asam.

Ini karena jeruk nipis digunakan dalam presentasi. Tentu saja sambalnya bakso aci membuat kita yang menyantapnya segar.

Dengan Pilus

Kuah bakso sangat gurih dan disajikan dengan mie kuning, mie putih dan juga sayur mayur. Namun, jika menyukai bakso aci,  mendapat rasa yang berbeda.

tidak akan menemukan sayuran apapun dalam semangkuk bakso aci. Sebagai gantinya, ada pilus yang memiliki rasa bakso aci. Tekstur pilus yang renyah ini memungkinkan bakso aci menghadirkan variasi tekstur yang berbeda.

Keragaman Toping

Bakso aci menyajikan topping yang sangat variatif. Dalam seporsi bakso aci,  mendapat topping berupa bakso aci, pilus, tetelan dan cuanki.

Kandugan Gizi Pada Baso Aci

y

Baso Aci Terbuat Dari Tepung Tapioka

Bahan utama Baso Aci terbuat dari tepung tapioka, turunan ubi kayu. Karenanya, kandungan gizi baso aci memiliki kalori yang cukup dan bisa dijadikan alternatif makanan pokok.

Saat Anda bosan makan nasi, pasta, pasta, atau sumber karbohidrat lainnya, Baso Aci bisa jadi pilihan yang menggiurkan.Berbagai Khasiat Sebuah Penyajian Baso Aci. Seporsi bakso aci favorit Anda mengandung khasiat sebagai berikut:

• Baik untuk mendukung kesehatan tulang. Karena tepung tapioka yang merupakan bahan dasar baso aci mengandung kalsium, zat besi dan vitamin K yang sangat penting untuk tulang.

• Secara efektif meminimalkan risiko gangguan pencernaan. Karena aci mengandung berbagai macam mikronutrien yang dibutuhkan tubuh yaitu selenium, asam folat, serat dan vitamin B6. Anda menghindari sembelit, gas, kanker usus besar dan gejala gangguan pencernaan lainnya.

• Membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Karena tepung tapioka mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah terjadinya stres pada pembuluh darah.

• Meminimalkan risiko anemia. Karena tepung tapioka juga kaya akan zat besi yang menunjang proses produksi darah dalam tubuh.

Cara sehat menikmati Baso Aci

Agar kandungan gizi Aci Baso semakin bermanfaat untuk Anda, berikut beberapa cara makan Aci Baso yang sehat:
• Meminimalkan konsumsi bahan tambahan berupa capit, tetes mata sapi atau jeroan pada bakso. Karena bahan pelengkap ini enak tapi tinggi lemak.
• Tambahkan bubuk cabai atau bubuk cabai secukupnya untuk meningkatkan rasa. Seporsi bakso pedas memang enak dan menambah nafsu makan. Namun konsumsi cabai yang berlebihan justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
• Hindari makan Baso Aci dengan nasi, pasta, atau sumber karbohidrat lainnya. Pasalnya, berbagai jenis olahan aci sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori makan berat.
Menikmati seporsi lengkap Baso Aci memang cocok sebagai ragam makanan berat favorit Anda. Perut kenyang, lidah senang, badan tetap sehat.

Resep Membuat Baso Aci

Bahan-bahan:

  • 1/4 kg Tepung tapioka
  • 6 sendok tepung terigu
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Air mendidih
  • Bawang putih
  • Daging ayam yg sudah dimasak
  • Daun bawang

Resep Membuat Baso Aci:

1. Campur tepung + tapioka, tambahkan garam + penyedap secukupnya. Potong daun bawang menjadi irisan-irisan, haluskan bawang putih, masukkan semuanya ke dalam tepung tadi.
2. Tuang air mendidih dan uleni sampai semuanya tercampur rata.
3. Bentuk adonan menjadi bulat, lalu isi ayam suwir yang sudah matang.
4. Didihkan air. Setelah mendidih, masukkan ke dalam cilok (baso aci).
5. Setelah mengambang, tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan. Bisa dibumbui sesuai selera.

Bahan-bahan:

  • 6 sdm tepung tapioka/ kanji
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 sdm gula

Bumbu halus untuk kuah:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 1/4 sdt lada halus
  • 3 cabe merah
  • 3 sdm ebi kering (*pengganti kaldu)
  • Secukupnya garam

Bahan pelengkap:

  • Bawang goreng
  • Daun bawang
  • Jeruk nipis
  • Kecap
  • Saus

Resep Membuat Baso Aci:

1. Masukkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam wadah, lalu tambahkan garam dan gula. Aduk rata, tambahkan sedikit air. Aduk kembali hingga rata dengan spatula kayu.

2. Selanjutnya rebus air sampai mendidih aci. Jangan lupa tambahkan 1 sendok makan minyak goreng ke dalam air mendidih agar bakso aci tidak lengket.

3. Kemudian bentuk adonan bulat seperti bakso dan masukkan ke dalam air mendidih. Ulangi sampai adonan habis.

4. Kemudian tunggu beberapa saat hingga bakso terangkat ke permukaan. Diamkan sebentar agar adonan di dalamnya matang secara merata. Tunggu sekitar 5 menit setelah adonan naik ke permukaan. Kemudian angkag dan tiriskan.

5. Selanjutnya, siapkan 4-5 gelas air untuk sup dan didihkan.

6. Sambil menunggu air mendidih, goreng bumbu halus agar kuahnya harum. Kemudian masukkan ke dalam panci berisi air mendidih.

7. Aduk rata dan sesuaikan rasanya jika sudah terasa pas. Masukkan bakso aci / cilok ke dalam kuah, tunggu beberapa saat, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Taburi dengan bawang goreng dan daun bawang, lalu tambahkan sedikit jus lemon. Tambahkan kecap dan kuah jika suka. Semoga berhasil.

Peluang Usaha Baso Aci

Jika Anda melihat peluang bagi Anda yang ingin memulai usaha, Bakso aci mungkin adalah tempat yang tepat. Proses produksinya juga cukup sederhana. Bahan bakunya mudah didapat dan manfaatnya juga menjanjikan. Usaha aci bakso ini bisa anda mulai dari rumah dengan skala usaha. Tentunya modal yang dibutuhkan kecil dibandingkan dengan memulai usaha bakso dengan membangunnya. Berikut perkiraan modal yang akan Anda butuhkan untuk memulai usaha bakso.

Perkiraan Modal Bisnis

Perkiraan kebutuhan modal:

  • Kekuatan: Rp. 10.000 / kg
  • Ayam: Rp. 40.000 / ekor
  • Tepung terigu: Rp. 10.000 / kg
  • Garam: Rp. 3.000 / kg
  • Minyak nabati: Rp 21.000 / kg
  • Bumbu: Rp 4.000
    Jumlah = Rp. 90.000 x 30 hari = Rp. 2.700.000 per bulan

Modal peralatan:

  • Stand atau toko dijual: Rp. 1.500.000
  • Perlengkapan memasak: Rp. 1.000.000
  • Kemasan plastik: Rp. 11.000 / 1 bungkus dengan 70 lembar x 30 = Rp. 330.000
    Jumlah = Rp. 2.830.000.
    Artinya modal awal yang dibutuhkan untuk produksi selama satu bulan = Rp. 2.700.000 + Rp 2.830.000 = Rp 5.530.000.

Estimasi pendapatan:

Bisa diasumsikan bakso aci yang dijual per hari bisa mencapai 250 butir dengan harga Rp 500.
Kemudian perhari = 250 x Rp. 500 = Rp. 125.000.
Per bulan = Rp 125.000 x 30 hari = Rp 3.750.000. Jadi menjual pengembalian investasi hanya membutuhkan waktu 5 bulan.

Agar produk Bakso Aci Home Business yang Anda jual lebih menarik dan aman bagi pelanggan bisa menggantinya. Pengemasannya lebih praktis dan memudahkan pelanggan untuk makan di rumah. Manfaatkan layanan delivery ojek online dengan menjadi partner restoran. Anda tidak hanya mendapatkan iklan gratis, tetapi Anda juga dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan lebih mudah.

Strategi Usaha Bakso Aci

1. Tentukan segmen pasar yang tepat

Strategi penjualan Baso Aci Spicy juga harus diterapkan di semua area bisnis. Bukan tanpa alasan, karena suatu produk telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan kelompok atau segmen pasar tertentu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menentukan segmen pasar mana atau konsumen sasaran mana yang menjadi sasaran ketika memulai bisnis yang menjual bakso beraroma.Dalam menentukan target konsumen tampaknya mudah karena suatu produk perlu memiliki pasar.

Namun, bukan berarti dalam menjalankan bisnis bakso pedas, Anda tidak mengambil langkah untuk mengidentifikasi target konsumennya. Siapa target pelanggan yang akan Anda targetkan? Apakah konsumen menengah ke atas atau konsumen biasa.

Tentunya hal ini juga perlu diselaraskan dengan branding produk bakso aci pedas yang Anda jual.Segmen pasar yang Anda targetkan juga harus spesifik. Misalnya produk bakso aci yang anda jual adalah produk premium.

Jadi bisa jadi target audiensnya adalah anak muda yang jago kuliner, yang sudah bekerja atau punya penghasilan sendiri.

Jika Anda menargetkan pasar reguler, Anda juga dapat disebut sebagai mahasiswa sarjana, yang sebagian besar adalah penggemar makanan yang cerdik dan tidak memiliki penghasilan sendiri.

2. Strategi Penjualan Baso Aci Pedas: Berani Beda

Ketika Anda tidak bisa bersaing dengan kompetitor yang lebih besar dalam hal dana modal, Anda bisa mengembangkan kreativitas dan inovasi agar bisnis bakso pedas Anda bisa berbeda di mata calon konsumen.

Untuk menarik perhatian konsumen, lakukan sesuatu yang unik yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Lakukan studi pasar untuk membandingkan produk bakso hot aci yang Anda jual dengan produk pesaing.

Selanjutnya, sorot keunikan yang tidak dimiliki pesaing Anda.
Misalnya, Anda bisa menjadi inovatif dalam hal varian produk. Jika Baso Aci yang tersedia di pasaran umumnya

adalah Baso Aci dengan rasa yang original dan pedas, maka Anda bisa tampil dengan rasa lain yang lebih unik.Misalnya baso aci dengan kari, baso aci dalam sop, baso aci goreng, baso aci tetelan dan menu pilihan lain yang bisa Anda buat tampil beda.

Namun bukan berarti Anda hanya tampil beda tanpa melihat kebutuhan pasar. Kecantikan yang tercipta masih berbeda dengan data atau riset yang Anda lakukan di pasar.

3. Strategi penjualan Pedas Baso Aci: partisipasi dalam pameran

Untuk meningkatkan daya saing produk, sesekali Anda bisa menghadiri pameran pemerintah atau swasta. Pameran tersebut tidak hanya bisa memperkenalkan bisnis bakso pedas Anda kepada masyarakat luas, tetapi juga bisa menjadi ajang bertemu dengan kompetitor yang ada.

Tentunya banyak sekali pengalaman dan informasi baru yang bisa Anda dapatkan dari pameran ini. Mungkin juga Anda akan menerima ide-ide baru setelah bertemu pesaing.

4. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan

Jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan, jangan sia-siakan keuntungan ini. Pastikan Anda selalu memiliki hubungan yang baik dengan setiap pelanggan Anda.

Berikan pelayanan yang cepat dan tepat agar tidak beralih ke produk lain. Pelanggan adalah aset yang paling berharga berharga yang dapat membantu bisnis Bakso Pedas Anda memenangkan persaingan di pasar.

5. Melakukan inovasi produk untuk memperluas pasar

Jika Anda perlu tampil unik pada poin sebelumnya agar bisa lebih menonjol dari kompetitor yang sudah eksis dengan varian menunya, disinilah Anda perlu berinovasi dalam hal produk.

Kini baso aci bukan sekedar sajian lezat siap saji yang bisa langsung disantap atau disantap langsung di warung baso aci. Baso Aci juga merupakan salah satu makanan instan atau siap disantap kapanpun dan dimanapun seseorang ingin menikmati kelezatannya.

Makanya, Anda juga perlu berinovasi untuk membuat produk toko Baso Aci dalam bentuk instan. Selain variasi produk Anda yang lebih banyak, pasar juga menjadi lebih luas. Jika konsumen Anda biasanya hanya terbatas pada orang-orang di sekitar Anda yang menjalankan bisnis bakso pedas,

produk instan ini bisa menarik pasaran dengan ruang yang tidak terbatas. Konsumen bisa datang dari mana saja dan tentunya ini menawarkan keuntungan yang menjanjikan.

6. Membuat produk dengan tampilan yang mewah meski harganya relatif murah

Saat berbelanja di supermarket dengan banyak pilihan produk, hanya perlu beberapa detik bagi calon pelanggan untuk akhirnya melakukan pembelian. Karenanya, kemasan produk mewah sangat penting dirancang sedemikian rupa agar produk Anda tidak terlihat murahan.

Kesan pertama yang dilihat calon pelanggan adalah faktor utama di balik pembelian tersebut. Buatlah sebuah penampilan dengan desain dan pilihan warna yang semenarik mungkin.

7. Pemasaran Media Sosial untuk Menjual Baso Aci Pedas

Saat ini para pebisnis kebanyakan menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya. Selain itu, bisnis kuliner yang menjadi konsumennya akan selalu ada setiap hari.

Makanya, Anda bahkan perlu menggunakan media sosial untuk memasarkan bisnis bakso pedas Anda. Kebiasaan konsumen kini telah berubah. Seolah-olah media sosial telah menjadi alat yang akan menjadi pedoman dalam banyak hal.

Termasuk dalam keputusan membeli makanan tertentu.
Oleh karena itu, tidak mengherankan jika suatu bisnis dapat menarik banyak konsumen setia dari media sosial.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan media sosial untuk pemasaran adalah konten terkait yang relevan dengan target pelanggan Anda. Selain konten tentang produk atau promosi, Anda perlu menyertakan konten lain yang bersifat edukatif dan hiburan.

Itulah Strategi Jual Pedas Bakso Aci yang dapat membantu anda memenangkan persaingan di pasar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Juga, bagikan artikel ini dengan teman-teman Anda yang lain agar semakin banyak orang dapat mempelajari tentang strategi penjualan.

Sekian artikel mengenai Resep Buat Baso Aci Sederhana semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda untuk membuatnya di rumah. Selamat Mencoba!!

Leave a Reply