Resep Kue Singkong Pelangi MeJiKuHiBiNiU Rasa Tetap No.1

Resep kue singkong pelangi ini adalah topik pembahasan kita pada kali ini sebelum masuk ke intinya saya akan menjelaskan pengertian singkong dan sejarah singkatnya terlebih dahulu.

Sejarah Singkat Singkong

Singkong (cassava) yang dalam bahasa latinnya disebut Manihot Esculenta Crantz ini berasal dari Brazil. Namun sekarang tanaman ini sudah sangat familiar bagi kita, seringkali dianggap sebagai bahan pangan yang berkualitas rendah.

Kalau kita ingat sedikit dengan zaman penjajahan bekas orang asing. Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, salah satu bangsa yang menjajah Indonesia. Portugis yang membawa tanaman asli Brasil ini ke Indonesia.

Di daerah asalnya (Amerika Latin), singkong merupakan makanan pokok karena umbi singkong diketahui mengandung banyak kalori. Portugis tidak hanya membawa singkong, tetapi mulai membuat program untuk menanam singkong sampai singkong ditanam secara komersial, mengingat potensi besar yang dapat dihasilkannya.

Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh bahkan di daerah yang tidak subur yang tanahnya miskin unsur hara (cukup menempel pada bagian batang yang berukuran tertentu).

Tanaman ini tidak memerlukan perawatan dan biasanya memiliki hasil yang cukup tinggi setelah 9 bulan tanam. Selain itu potensi untuk mengeksploitasi seluruh bagian tanaman ini juga besar. Daunnya kaya zat besi dan sering digunakan sebagai sayuran.

Bulat yaitu umbi-umbian mengandung kalori lebih banyak dari pada beras, sehingga tujuan Portugis membawa tanaman ini adalah menjadikan ubi kayu sebagai makanan pokok bangsa Indonesia. Singkong telah terbukti di beberapa bidang sebagai makanan pokok.

Sejarah dan khasiat singkong di atas seharusnya menyadarkan kita bahwa singkong bukanlah bahan pangan yang berkualitas rendah. Apalagi saat ini banyak terdapat olahan makanan singkong yang enak, bergizi dan penampilannya menarik.

Resep Kue Singkong Pelangi

Resep Kue Singkong Pelangi

Bahan – bahan Resep Kue Singkong Pelangi :

  • 1 kg singkong
  • 7 sendok makan gula pasir
  • sekantong agar-agar biasa 2
  • 1/2 kara santan
  • 100 gram kelapa parut
  • 1 sdt garam halus
  • Pewarna makanan: merah, kuning dan hijau
  • Topping: 1 butir kelapa parut

Cara Membuat Resep Kue Singkong Pelangi :

  1. Kita cuci singkong dulu baru parut. Siapkan bahan yang akan kita gunakan.
  2. Kemudian kita kerjakan semua bahan kecuali pewarna, aduk sampai rata.
  3. Panaskan kukusan, lalu siapkan wajan, lumuri dengan minyak dan beri alas daun pisang / kertas roti.
  4. Setelah adonan dibagi tiga dan diberi pewarna, adonan hijau pertama kita kukus selama 10 menit dan ratakan di dalam cetakan, lalu kita tambahkan adonan kuning kukus ke dalamnya selama 10 menit lagi. Terakhir tambahkan lagi adonan merah kukus selama 25 menit.
  5. Sambil menunggu matang, kukus kelapa parut dengan sedikit garam selama kurang lebih 5 menit.
  6. Setelah matang, dinginkan dan iris kue dan beri kelapa parut yang sudah kita kukus.

Kalian juga bisa mencoba olahan atau resep olahan singkong yang lainnya seperti olahan daun singkong

Manfaat Singkong Untuk Kecantikan

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Sekam singkong bisa digunakan sebagai bulu. Anda bisa memisahkan kulitnya lalu menggunakannya sebagai scrub.

Sikat wajah dengan baik selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini tiga kali seminggu untuk hasil yang baik.

Masker Wajah

Menanam singkong merupakan masker wajah yang bagus. Sebelum menyiapkan masker wajah, basuh wajah Anda dengan air hangat. Ini berguna untuk membuka pori-pori.

Masker singkong akan dengan mudah menyerap dan memperbaiki tekstur dan kondisi kulit Anda. Kegiatan ini bisa dilakukan tiga kali seminggu agar dana tidak menghilangkan bekas luka.

Menghidrasi Kulit

Singkong dapat melembabkan warna kulit dan membuatnya halus dan lembut. Anda bisa membuat masker dengan mencampurkan akar tanaman singkong dengan sedikit madu atau minyak zaitun.

Hapus Bekas Luka dan Noda

Air pati singkong dapat membantu menyembuhkan luka dan bekas luka jika dioleskan dengan lembut pada area yang terbuka dua kali sehari.

Bantu dia Tumbuh Lebih Cepat

Anda bisa memanfaatkan tanaman singkong agar cepat tumbuh. Akar dan daunnya bisa dibuat pasta segar, lalu dioleskan ke rambut dan bilas satu jam kemudian. Lakukan aktivitas ini dua kali seminggu dan rasakan perubahannya.

Menjaga Rambut Rontok Terkendali

Wanita sering mengeluhkan rambut rontok. Singkong bisa menjadi solusi cepat dan efektif. Makan singkong memberikan nutrisi pada rambut dari akar hingga ujung, sehingga menjadi lembab dan rambut rontok terkendali.

Mengatasi Rambut Rusak

Kaya nutrisi, tanaman singkong dapat menyembuhkan rambut kering dan rusak. Kandungan singkong bisa memperbaiki dan mengatasi segala kerusakan.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Sumber Energi Bagi Tubuh

Manfaat ubi kayu yang pertama adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Hal tersebut tidak terlepas dari tingginya kandungan kalori yang dikandungnya yaitu 160 kalori untuk setiap 100 gram singkong.

Tak hanya itu, singkong menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh karena umbi jenis yang memiliki nama latin Manihot esculenta ini juga mengandung karbohidrat.

Karbohidrat adalah bahan bakar terpenting bagi tubuh. Zat ini nantinya akan berubah menjadi glukosa. Nah, glukosa inilah yang menjadi energi bagi tubuh. Organ seperti otak juga membutuhkan karbohidrat untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan tidak adanya karbohidrat, otak kehilangan fokus.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi singkong secara rutin juga diklaim efektif dalam merawat kesehatan sistem pencernaan, terutama usus. Manfaat singkong untuk kesehatan sistem pencernaan dihasilkan dari serat yang dikandungnya. Serat adalah jenis makanan kaya non-karbohidrat yang sering dikaitkan dengan sistem pencernaan.

Asupan serat yang tidak mencukupi diduga menjadi penyebab sejumlah masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit, diare, radang usus besar, dan lain sebagainya. Serat bekerja dengan mendorong perkembangan bakteri “baik” di usus, sekaligus mengoptimalkan fungsi bakteri ini untuk melindungi usus dari infeksi bakteri “jahat”.

Menjaga Berat Badan Ideal

Bagi Anda yang mengikuti program diet penurunan berat badan, memasukkan singkong ke dalam menu makan harian yang sehat adalah langkah yang tepat. Pasalnya, singkong juga berperan penting dalam menjaga berat badan ideal.

Manfaat singkong yang satu ini kembali didapat dari kandungan serat yang dimilikinya. Serat dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan Anda dapat dikurangi, yang penting untuk program nutrisi yang sukses.

Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah tim peneliti dari University of Kentucky, Amerika Serikat, merilis sebuah penelitian pada tahun 2009 yang menyatakan bahwa serat meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit jantung koroner, serta sejumlah penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan tekanan darah tinggi (hipertensi). ).

Singkong merupakan tumbuhan yang mengandung serat, sehingga dipercaya dapat meminimalisir resiko penyakit jantung koroner. Namun, belum ada penelitian yang secara langsung mengaitkan singkong dengan manfaatnya untuk mencegah penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Selain penyakit jantung, kanker merupakan penyakit mematikan lainnya yang konon dapat dicegah dengan mengonsumsi singkong secara rutin. Ini karena singkong juga mengandung sejumlah antioksidan. Seperti diketahui, kanker berawal dari kerusakan sel tubuh oleh radikal bebas.

Antioksidan mempunyai tugas untuk menghadang serangan radikal bebas tersebut, sehingga kerusakan sel tubuh dapat dicegah.

Selain adanya antioksidan pada singkong, sayangnya belum ada bukti ilmiah tentang manfaat singkong untuk kanker yang benar-benar bisa dijadikan rujukan. Namun tak ada salahnya jika Anda rajin mengonsumsi singkong, ya.

Mencegah Diabetes Singkong,

Menurut studi yang dipublikasikan Journal of Nutrition and Human Health tahun 2018, diklaim efektif pengontrol gula darah dalam tubuh. Penelitian yang diikuti 40 orang dewasa tersebut menunjukkan bahwa konsumsi 360 gram singkong mampu mengontrol kadar gula darah.

Selain serat, manfaat singkong untuk mencegah dihasilkan dari kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dalam singkong menghasilkan manfaat singkong untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini mengacu pada studi yang dirilis oleh NCBI. Vitamin A dikatakan berperan penting dalam meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Hal ini didasarkan pada temuan bahwa pada populasi dimana terjadi defisiensi vitamin A, penyakit menular sering terjadi. Namun, seberapa efektif kandungan vitamin A dalam singkong dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh masih banyak penelitian yang harus dilakukan, karena belum ada bukti ilmiah yang cukup.

Baca selengkapnya di DokterSehat: 7 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan (Beserta Kandungan Dan Efek Sampingnya) | https://doktersehat.com/benefits-singkong.

Sekian artikel kali ini jika kalian ingin mengolah singkong kalian bisa menggunakan mesin keripik singkong multifungsi dijamin kinerja lebih cepat dan hasil maximal .Terimakasih

Leave a Reply