Resep Makanan Dari Tepung Kanji Mudah Untuk Di Rumah

Resep Makanan Dari Tepung Kanji, Jenis jajanan di Indonesia sangat banyak dan berbeda. Mulai dari jajanan yang berasa manis, asin, gurih hingga pedas bisa kamu temukan dengan mudah di pasar atau warung pinggir jalan.


Tapi mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan jajanan berbahan pati yang disebut juga tepung tapioka, bukan? Tepung yang didapat dari pati singkong ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.


Biasanya snack bertepung ini kenyal dan empuk di mulut. Pati biasanya digunakan untuk merekatkan makanan seperti lem.Olahan Berbahan Tepung Kanji Sekarang sudah banyak jajanan Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka untuk jajanan saja. Misalnya cilok, cireng, siomay dan masih banyak lagi lainnya.


Cita rasa jajanan unik ini dijamin bikin ketagihan, apalagi bila dinikmati dengan secangkir teh hangat. Jangan bingung membuat jajanan di rumah. Dengan pati Anda bisa membuat camilan sesuai selera Anda.

Manfaat Dari Tepung Kanji

Pencernaan Yang Sehat

Tepung tapioka memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat makanan yang dikandungnya memastikan pencernaan yang sehat.Tepung tapioka dipercaya dapat mencegah sembelit, sakit usus, kembung, bahkan kanker usus besar.

Menjaga Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah tinggi dan rendah dapat membahayakan kesehatan Anda. Makan tepung tapioka bisa jadi solusinya.Kandungan kalium pada pati dapat menjaga tekanan darah tetap normal, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Membantu Penambahan Berat Badan

Mengonsumsi makanan berbahan olahan tepung tapioka bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat dalam pati ternyata bisa berkontribusi pada penambahan berat badan.

Oleh karena itu tepung tapioka sangat cocok untuk orang yang ingin menambah berat badan atau bertubuh kurus.

Menambahkan Nutrisi Ke Tulang

Manfaat tepung tapioka lainnya adalah bermanfaat untuk menguatkan tulang. Mengonsumsi makanan yang terbuat dari olahan tepung tapioka juga dapat membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Osteoporosis sendiri juga merupakan penyakit tulang yang disebabkan oleh kerapuhan tulang akibat erosi seiring bertambahnya usia. Alasannya, tepung tapioka mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin K yang bermanfaat bagi kesehatan tulang Anda.

Mengatasi Asam Lambung

Saat maag terjadi, perut terasa sakit yang berasal dari perut. Banyak yang menyatakan bahwa penyebab maag adalah kebiasaan makan yang tidak teratur, stres atau rasa khawatir, penggunaan obat-obatan tertentu yang terlalu kuat, penggunaan alkohol, dan kebiasaan merokok yang berlebihan.

Untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut, mengonsumsi tepung tapioka bisa menjadi solusinya. Tepung tapioka sendiri terbuat dari singkong alami.

Singkong memiliki khasiat untuk merekatkan bahan lain dan berfungsi merekatkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mengkonsumsi pati dapat membantu mengentalkan lapisan lambung secara alami sehingga asam lambung dapat teratasi.

Resep Makanan Dari Tepung Kanji

Cilok

Bahan Cilok:

  • 80 gr tepung kanji
  • 170 gr tepung terigu
  • 210 ml air mendidi
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • Sejumput gula pasir
  • 1 tangkai daun bawang, iris halus

Bumbu Kacang:

  • 100 gr kacang tanah goreng
  • 4 siung bawang merah, goreng
  • 1 siung bawang putih, goreng
  • 6 buah cabai merah keriting, goreng
  • 2 buah cabai rawit merah, goreng
  • 200 ml air
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm kecap
  • 30 gr gula merah
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Olahan Berbahan Tepung Kanji:

  1. Rebus 250 ml air dengan 1 siung bawang putih, lalu gunakan hanya 210 ml
  2. Rebus air dalam panci untuk memasak kacang tanah. Sambil menunggu matang, bikin campuran intip.
  3. Campur bahan bumbu kacang secara merata, kecuali air, curi air mendidih yang sudah dimasak dengan bawang putih. Kemudian aduk dengan sendok kayu hingga tercampur, lalu aduk dengan tangan secukupnya hingga menggulung.
  4. Ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi bola-bola kecil hingga habis.
  5. Masukkan ke dalam panci berisi air mendidih dan tambahkan sedikit minyak, masak hingga mengapung dan mendidih. Tiriskan, kukus sebentar kurang lebih 10 menit.
  6. Siapkan bumbu kacang: haluskan kacang tanah, bawang merah, bawang putih dan cabai. Siapkan wajan anti lengket, tambahkan sedikit minyak dan nyalakan api.
  7. Masukkan bahan yang sudah dihaluskan, aduk rata, tambahkan air, aduk rata, masak hingga mendidih, tambahkan sisa bahan. Aduk rata, uji rasa, matikan api.
  8. Sajikan selai kacang dengan saus kacang.

Cenil

Bahan Cenil:

  • 75 gr tepung terigu
  • 75 gr tepung kanji/tapioka
  • 1/4 sdt garam
  • Air panas secukupnya
  • Pewarna merah, kuning, hijau

Saus Gula Merah:

  • 150 gr gula merah, sisir halus
  • 1 sdm gula pasir
  • 50 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Topping:

  • Kelapa parut kukus

Cara Membuat Olahan Berbahan Tepung Kanji:

Bagaimana melakukan …:

  1. Campur tepung terigu, tepung tapioka dan garam, aduk rata lalu tuangkan sedikit demi sedikit air panas hingga bisa digulung. Bisa juga menggunakan mesin penepung diksmill serbaguna
  2. Bagi 3 adonan, masing-masing warna merah, kuning, hijau.
    Ambil sepotong kecil adonan, gulung dengan telapak tangan, dan masukkan ke dalam air mendidih. Jika mengapung, angkat dan tiriskan.
  3. Kuah gula merah: Campur semua bahan, aduk sedikit hingga mengental, angkat dan biarkan dingin.
  4. Tutupi cenil dengan kelapa kering dan taburi dengan saus gula merah. 

Strategi Usaha

Penentuan Pasar Sasaran

Saat berencana memulai bisnis, Anda perlu menentukan siapa target market dari bisnis yang Anda bangun. Dengan menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis Anda, Anda akan mengetahui cara mengelola, memasak, mengemas, dan memasarkan produk kue perusahaan Anda.

Sistem Pemasaran

Langkah selanjutnya setelah menentukan target pasar Anda adalah memilih sistem pemasaran. Teknik pemasaran adalah fokus persaingan di semua industri. Jadi Anda perlu membersihkan sistem pemasaran Anda agar kue yang Anda jual tidak terlindas kompetitor lain.

Beberapa sistem pemasaran untuk membantu Anda memulai bisnis kue Anda menggunakan rekan kantor Anda, kafetaria tempat Anda bekerja, atau toko roti di dekat Anda dan di kantor Anda. Jangan lupa untuk tetap menggunakan media sosial.

Pahami Segala Sesuatu Tentang Kue Basah

Kue basah berbeda dengan kue panggang lainnya. Selain karena kue basah memiliki umur simpan yang relatif pendek, kue basah juga memiliki jenis dan metode pemasakan yang berbeda.


Jika bahannya salah, atau jika dibiarkan saja, kue basah yang Anda buat akan terasa berbeda dengan aslinya.

Pelajari Cara Membuat Kue Basah


Jika Anda memutuskan untuk memulai toko kue, bersiaplah untuk membuatnya sendiri daripada hanya menjadi reseller. Saat Anda membuat kue sendiri, Anda mendapatkan lebih banyak kepercayaan dan keuntungan dari konsumen daripada hanya menjadi reseller.

Buat Formula Rasa Anda Sendiri

Butuh waktu lebih lama untuk membuat formula enak dari kue basah untuk dijual. Namun, begitu Anda menemukan formula yang tepat, setiap kue yang Anda jual dijamin laku, meski Anda meminta harga yang lebih tinggi. dari pasar.

Pasalnya, sebagian besar masyarakat rela membeli kue yang rasanya enak meski harganya lebih mahal.

Ciptakan Terobosan Baru

Selain menciptakan rasa dan formula unik untuk kue yang ingin Anda jual, Anda juga perlu membuat terobosan baru dengan produk yang Anda tawarkan.
Terobosan yang dimaksud adalah bisa berasal dari keunikan bentuk dan rasa kuenya.

kemasan yang menarik dan hal lainnya yang akan membuat orang tertarik untuk membeli kue yang anda jual. Nah, berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis kue. Langkah-langkah di atas

tidak akan pernah berhasil jika Anda hanya membaca. Lihat sendiri dan bersiaplah untuk mengambil langkah pertama. Semoga berhasil.

Peluang Bisnis Dan Tingkat Analisis

Identifikasi Lokasi Keramaian

Saat menjual kue basah yang tidak bisa disimpan lama, perlu diperhatikan lokasi yang dijadikan tempat usaha. Tempat penjualan kuenya pasti ramai dan mudah dijangkau masyarakat.

Ada beberapa lokasi berbeda yang bisa Anda pertimbangkan saat menjalankan bisnis shift cake seperti pasar, di toko kue atau di toko bahan makanan

Perhatikan Tekstur Dan Rasanya

Kue yang Anda sajikan harus keras tetapi tidak lengket. Tidak semua orang bisa membuat kue dengan tekstur yang pas. Selain tekstur kuenya, perhatian juga harus diberikan pada rasa kuenya.

Rasa gurih dari kue lapis sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat secara keseluruhan dan hal ini akan membuat bisnis kue lapis Anda berjalan dengan lancar.

Penampilan Yang Menarik

Kue lapis memang identik dengan tampilannya yang menarik. Tidak hanya warna kuenya harus two tone, kamu juga bisa menggunakan tiga warna atau lebih. Ciptakan kombinasi warna yang menarik agar konsumen tertarik untuk menikmatinya.

Hal-hal penting apa yang harus diperhatikan dalam menjalankan peluang bisnis Lapis di atas? Semoga dengan mengetahui hal-hal penting tersebut diatas semoga akan membuat bisnis shift cake yang Anda jalankan semakin sukses. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis shift cake, no

Hanya ada hal penting yang perlu Anda ketahui di atas, namun Anda juga perlu mencermati analisis bisnis saat menjalankan bisnis shift cake. Di bawah ini adalah analisis bisnis untuk kue lapis.

Kami berharap beberapa artikel Resep Makanan Dari Tepung Kanji Mudah Untuk Di Rumah semoga dapat membantu dan menginspirasi Anda untuk membuatnya di rumah. Semoga berhasil!!

Leave a Reply