Tidak Hanya dari Keringat, Ini Sumber Bau Badan yang Jarang Disadari

Tahukah Anda, ternyata bau badan tidak hanya disebabkan oleh keringat?. Studi membuktikan ada banyak faktor yang menyebabkan bau tak sedap yang melekat di tubuh. Ada banyak hal lain yang justru datang sebagai faktor eksternal penyebab bau badan.

Sumber Bau Badan Selain Keringat

Ada banyak sumber yang bisa menyebabkan bau pada badan manusia. Bahkan buruknya bau ini bisa melekat dalam waktu yang lama. Berikut sumber bau badan yang ternyata datang dari luar tubuh manusia. Apa saja?

Lemari yang Lembap

Hal pertama yang bisa jadi penyebab bau badan yakni lemari yang lembap. Lemari lembap dapat menjadi sarang berbagai organisme termasuk jamur. Berbeda dengan jamur yang bisa dikonsumsi justru jamur pada lemari tidak timbul bahkan kadang tidak mudah dikenali.

Banyak kasus jamur yang disebabkan oleh lembap tidak akan dikenali sebelum akhirnya lemari terlihat basah dan berubah warna jadi lebih gelap. Dan secara tidak sadar bau jamur melekat pada pakaian hingga akhirnya melekat pada tubuh.

Baju Apek

Hati-hati bagi Anda yang jarang atau bahkan tidak menggunakan sinar matahari langsung untuk mengeringkan pakaian. Selain meningkatkan potensi baju jamuran, tidak menjemur baju secara langsung juga bisa meningkatkan potensi bau apek.

Hal ini juga yang akhirnya dapat menyebabkan bau badan. Sinar matahari tidak hanya berfungsi untuk mengeringkan pakaian tapi juga mematikan organisme tak terlihat lainnya. Bila ini terjadi segera cuci kembali pakaian apek dan pastikan benar-benar kering tanpa bau. 

Baju yang Tidak Bersih Sempurna

Terakhir, baju yang tidak dibersihkan secara sempurna ternyata bisa jadi penyebab bau badan. Jangan bergantung pada pewangi pakaian untuk mengalihkan kotoran yang ada dalam permukaan pakaian.

Bahkan pewangi yang terlalu banyak hanya akan bekerja memperburuk tumpuan kotoran yang ada di permukaan baju. Akhirnya bau tidak sedap bisa muncul apalagi bila bertemu dengan keringat tubuh. Maka keduanya akan jadi perpaduan penyebab bau badan yang amat mengganggu.

Hindari bau badan dengan menghindari sumber bau yang telah disebutkan. Pastikan pakaian yang hendak dikenakan bersih secara sempurna. Jangan ragu untuk melakukan cara menghilangkan bau badan bila memang telah terdeteksi bau tidak sedap pada tubuh.

Leave a Reply