Yuk Intip Cara Buat Bawang Goreng yang Renyah serta Gurih

Banyak yang sudah membahas artikel cara buat bawang goreng. Karena bawang goreng banyak difavoritkan sebagai taburan dalam makanan. Rasanya itu akan bisa menambah gurih pada apa yang sedang kita makan.

Sebelumnya kita pernah bahas cara bikin bawang goreng. Sekarang kita akan bahas secara lebih detail lagi. Simak penjelasannya !

Bawang Goreng

Bawang goreng adalah bawang merah yang Anda potong-potong lalu digoreng hingga berwarna keemasan dan teksturnya renyah. Faktanya, bawang goreng ini adalah campuran bumbu yang umum dan digunakan oleh banyak orang sebagai pelengkap atau tambahan penyedap rasa.

Begitu juga di luar negeri ada jenis makanan yang mirip dengan bawang goreng yaitu bawang goreng atau banyak yang menyebutnya bawang goreng, tanpa bawang merah tapi dengan bawang yang lebih besar.

Bawang goreng bisa membuat masakan semakin nikmat dengan aromanya yang harum yang bisa menambah nafsu makan kita.

Penggunaan Bawang Goreng


Disini kita membahas tidak hanya cara membuat bawang goreng, tapi juga kegunaannya. Bawang goreng memiliki aroma dan rasa yang harum, tetapi ada sedikit rasa pahit di dalamnya.

Bawang goreng crispy ini biasanya ditaburkan di atas nasi putih, nasi uduk, nasi goreng dan masih banyak lagi makanan lainnya sebagai pelengkap bumbu, penyedap rasa atau penguat gurih atau sebagai lauk.

Bawang goreng juga bisa dijadikan topping untuk berbagai makanan seperti sayur mayur, sup, semur, kari, mie, nasi putih, selada, dan makanan lainnya. Bawang goreng siap pakai dalam bentuk kemasan biasanya juga tersedia di minimarket dan supermarket.

  • Nasi uduk ditaburi bawang goreng
  • Nasi goreng ditaburi bawang goreng
  • Rebusan itu ditaburi bawang goreng
  • Bawang goreng dalam kemasan siap pakai.


Manfaat Bawang Goreng untuk Kesehatan

  • Menyembuhkan penyakit pernafasan (batuk, masuk angin)
  • Lancar dalam pencernaan
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan sel tulang
  • Meningkatkan kualitas tidur, dll.


Tips Memilih Bawang yang Berkualitas Baik

Saking populernya bawang goreng di Indonesia, kini banyak jenis dan merk bawang goreng yang beredar di pasaran. Berikut beberapa poin yang bisa dijadikan referensi saat mencari bawang goreng yang gurih, gurih, dan gurih.

1.Pilih Berdasarkan Jenis Gerobak

Saat berbelanja jamu di pasar, ada kemungkinan banyak orang akan membeli bawang merah karena merupakan bagian dari bumbu dasar di setiap hidangan. Kadang-kadang orang membeli bawang untuk mendapatkan bawang busuk atau di bawah standar.

Menjadi merah dengan kualitas baik yaitu tidak basah, warna kulit tidak hitam, belum terkelupas, kencang dan tidak bertunas.

2.Pilih Berdasarkan Varian Rasa

Ada banyak bawang goreng yang saat ini dijual di pasaran dan memiliki berbagai rasa. Bawang goreng tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Banyak orang menyukai mereka karena rasanya yang enak dan hangat.

Anda bisa memilih bawang goreng dengan rasa original jika menyukai rasa bawang yang khas. Jika Anda menginginkan variasi rasa, Anda bisa memilih kombinasi rasa. Anda hanya perlu belajar bagaimana melakukannya.

3.Pilih Berdasarkan Jenis Kemasannya


Bawang goreng banyak yang menjualnya di pasaran sehingga memiliki jenis kemasan yang berbeda-beda. Tapi biasanya orang membungkus bawang goreng dengan plastik atau dengan memasukkannya ke dalam toples.

Cara Buat Bawang Goreng

Bahan-bahan :

  • 250 gram bawang merah (kupas menggunakan mesin pengupas bawang, cuci bersih)
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bawang Goreng :

  1. Iris tipis bawang bombay, taburi sedikit garam dan peras agar garam meresap (jangan peras sampai hancur secukupnya).
  2. Panaskan minyak goreng, tambahkan bawang merah ke dalam minyak panas, masak dengan api sedang sambil terus diaduk agar matang merata.
  3. Jika bawang merah tidak terlihat sedikit warna kecokelatan, segera angkat.
  4. Jangan menunggu bawang merah menjadi kecokelatan karena Anda dapat yakin bahwa bawang bombay akan gosong saat Anda menunggu bawang bombay kecokelatan.
  5. Angkat handuk kertas dan biarkan mengering dengan sedikit olesan agar minyak terserap. Bawang kering tidak banyak mengandung minyak dan bisa menghasilkan bawang goreng yang renyah.
  6. Jika sudah dingin, segera masukkan ke dalam wadah kedap udara dan bisa digunakan sebagai penambah aneka masakan.
  7. Catatan: Jangan mengiris bawang bombay dalam jumlah banyak secara langsung karena bawang bombay akan berubah warna dan tidak akan terlihat bagus saat digoreng.
  8. Lebih baik dipotong secukupnya dan segera goreng. Jika Anda membuat dalam jumlah banyak, pastikan untuk mengiris dan menggorengnya agar tidak berubah warna.

Demikian merupakan artikel cara buat bawang goreng. Semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencobanya di rumah.

Leave a Reply